Indonesian Journal of Instructional Media and Model
Vol 1, No 2 (2019)

Peningkatan Prestasi Belajar Fiqih Materi Jinayah Melalui Metode Index Card Match

Mahsun Alwa'id (MAN 1 SEMARANG)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan prestasi belajar Fiqih materi  Jinayah  dengan  metode  Index  card  match  di  kelas  XI IIS 2  MAN 1 Semarang kabupaten Semarang. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah, apakah penerapan metode Index card match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Fiqih materi Jinayah pada kelas XI IIS 2  MAN 1 Semarang, kabupaten Semarang? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian  ini  termasuk  Penilitian  Tindakan  Kelas(Classroom  Action Reaserch). Subjek Penelitian adalah siswa kelas XI IIS 2  MAN 1 Semarang, kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 23 siswa. Teknik pelaksanaan diawali dari pengumpulan data yang meliputi dokumentasi, tes, dan pengamatan serta dianalisa secara deskriptif dan kualitatif. Tindakan dilanjutkan dengan pelaksanaan dua siklus/tahap. Setiap tindakan terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi yang dilaksanakan bersama seorang rekan kerja yang membantu pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa meningkat dari 56,52% pada pra siklus menjadi 78,26% pada siklus I, serta 86,97% pada siklus II. Perhatian siswa terhadap mata pelajaran juga meningkat dari 43,46% menjadi 86,96% pada siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Index Card Match dapat meningkatkan prestasi belajar Fiqih pada siswa XI IIS 2  MAN 1 Semarang Kabuaten Semarang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ijimm

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Instructional Media and Model is a scientific journal that contains and disseminate the results of research, in-depth study, and the ideas or innovative work in the field of science education. The innovative work of the teachers and lecturers of the development of the education ...