Penelitian ini mendeskripsikan penulisan penelitian tindakan kelas dari dari sekolah dasar di Cisauk, Tangerang setelah mengikuti bimbingan dan latihan penelitian tindakan kelas. Data diperoleh dari tiga karya tulis guru. Penelitian nini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis dokumen. Hasil penelitian ditemukan, terdapat ketidakcermatan dan konsistensi dalam penulisan. Selain itu, tulisan tidak tepat penulisan pada judul, kurang jelas dan sitematis berkaitan dengan latar belakang, kurang sejalan antara tujuan dan rumusan penelitian, tidak focus dalam penulisan kajian teori, tidak menjelaskan mata pelajaran, serta kurangnya referensi yang berkaitan dengan pelajaran sekolah dasar. Dengan demikian, bimbingan dan latihan penelitian tindakan kelas dibutuhkan untuk jangka panjang, untuk meningkatkan kemampuan guru dalam meneliti dan mereancang serta menerapkan prinsip penulisan karya tulis ilmiah dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Disamping itu, untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas, guru harus memahami apa itu penelitian tindakan kelas dan memiliki waktu untuk melakukan penelitian.
Copyrights © 2017