cover
Contact Name
Imanuel Sairo Awang
Contact Email
iman.saiaw@gmail.com
Phone
+6285654080901
Journal Mail Official
pgsdpersadakhatulistiwa@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pertamina Sengkuang, Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat
Location
Kab. sintang,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa
ISSN : 2461078X     EISSN : 2654783X     DOI : https://doi.org/10.31932/jpdp.v6i1
Core Subject : Education,
Jurnal pendidikan dasar perkhasa merupakan jurnal penelitian bidang pendidikan dasar yang terbit dua kali setahun yakni bulan April dan Oktober.
Articles 170 Documents
DAMPAK IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SEKOLAH DASAR Donald Samuel Slamet Santosa
JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpdp.v3i2.93

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dampak implementasi metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran di Sekolah Dasar.  Penelitian ini merupakan penelitian generalisasi dari enam penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan sebelumnya. Keenam penelitian tindakan kelas dikumpulkan melalui studi pada jurnal dan google cendekia. Hasil-hasil penelitian dianalisis dengan teknik metaanalisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada sekolah dasar efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, keaktifan atau aktifitas siswa, dan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat. Untuk itu disarankan bagi guru untuk memilih metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada penelitian tindakan kelasnya jika hendak mengatasi masalah hasil belajar, keaktifan, dan keberanian siswa.
PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP AKTIVITAS DAN KOGNITIF SISWA Debby Ismi Wulan Putri; Imanuel Sairo Awang; Didin Syafrudin
JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpdp.v2i2.115

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran snowball throwing terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan quasi exsperimen dengan desain penelitian nonequivalent kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 02 Sintang tahun 2016/2017 yang berjumlah 50 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi langsung dan lembar tes kognitif Berdasarkan penelitian diperoleh hasil pembelaran snowball throwing berpengaruh secara signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. Hal ini ditunjukan dengan pengujian hipotesis pada hasil posttest yang memperoleh nilai thitung sebesar 4,455 dan perolehan ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 2,010. Pengujian hipotesis membuktikan bahwa thitung>ttabel (4,455>2,010) yang artinya hipotesis nol (Ho) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwingterhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa.
PENGENALAN DAN PEMANFAATAN INTERNET SEHAT PADA SISWA SEKOLAH DASAR Yossi Indrawati Syuhardi
JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpdp.v5i2.472

Abstract

Internet merupakan kebutuhan yang penting bagi pengembangan pendidikan. Pada siswa SD sangat rentan untuk terpapar internet tidak sehat. Para guru dan orang tua hendaknya waspada dari penggunaan yang berlebihan bagi para siswa SD. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengenalan dan pemanfaat internet sehat pada siswa SD. Sampel digunakan sebanyak 75 siswa SD. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sudah mengenal internet dengan baik, namun siswa tidak berhati  hati dan belum memahami apa yang disebut kejahatan internet. Diharapkan pihak sekolah terus mengedukasi para siswa agar dapat memahami atas kejahatan internet. Kata kunci: Pengenalan, pemahaman , Internet Sehat
OPTIMALISASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH SD BINAAN KECAMATAN SINTANG MELALUI PENDEKATAN COCOPANDAN Muhammad Yamin
JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpdp.v4i1.16

Abstract

Sebagian besar pengawas sekolah saat melaksanakan tugasnya lebih fokus pada bidang Pengawasan Akademik. Standar Pengelolaan merupakan salah satu sasaran Pengawasan Manajerial, dari empat standar lainnya.  Standar pengelolaan merupakan wahana bagi terjadinya regulasi sekolah. Melalui manajemen pengelolaan yang baik dan dipimpin oleh figur  kepala sekolah yang professional akan menghasilkan sekolah sesuai tujuan yang telah ditentukan pada RKS dan RPS. Tulisan ini mengangkat upaya pengawas dalam membimbing kepala sekolah untuk melaksanakan Supervisi Akademik. Dengan program MPMBS, diharapkan mampu mewujudkan tujuan sekolah, yaitu Sekolah yang Efektif dan bermutu. Pendekatan yang digunakan untuk kegiatan pengawasan Akademik tahun pelajaran 2016/2017 adalah Pendekatan Cocopandan. Pendekatan ini merupakan perpaduan dari kegiatan : Coordinasi, Colaborasi, Partisipasi, Action, dan Tindak Lanjut.Untuk mencapai tujuan sekolah, digunakan metode: Monitoring dan Evaluasi; Refleksi dan FGD, Delphi, Workshop, dan pembelajaran dinamis. Hubungan pengawas dengan warga sekolah bersifat kolegial, membantu terjadinya interaksi positif untuk mencapai tujuan sekolah. Pelaksanaan pengawasan akademik melalui Cocopandan di fokuskan di SD binaan Kabupaten Sintang. Hasil monitoring dan evaluasi selama tahun pelajaran 2016/2017, terjadi perubahan cukup signifikan pada seluruh standar lainnya. Manajemen terbuka/partisifatif, perbaikan berkesinambungan dalam pengelolaan sekolah serta ditunjang oleh figure kepala sekolah yang dapat diandalkan mampu mewujudkan tujuan pendidikan, yaitu Sekolah yang tersupervisi. Akhirnya, dimana ada kemauan disertai kesungguhan, pasti ada jalan untuk menggapainya. Hasil dari kesimpulan penelitian ini adalah melalui Pendekatan Cocopandan dapat mengoptimalkan supervisi akademik Kepala Sekolah SD binaan kecamatan Sintang.
PENGGUNAAN PORTOFOLIO DALAM PERKULIAHAN PENILAIAN PEMBELAJARAN Indri Anugraheni
JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpdp.v3i1.40

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan portofolio dalam perkuliahan penilaian pembelajaran. Portofolio merupakan kumpulan karya seorang mahasiswa sebagai hasil pelaksanaan tugas-tugas kinerja selama perkuliahan yang ditentukan oleh dosen bersama mahasiswa, sebagai bagian dari usaha mencapai tujuan perkuliahan. Tugas-tugas tersebut terkait dengan penilaian produk yang dikemas dalam bentuk portofolio. Penggunaan portofolio dalam  perkuliahan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam perkuliahan penilaian pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar umpan balik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui proses belajar mengajar dengan menggunakan portofolio dapat meningkatkan hasil belajar dalam perkuliahan. Hal ini terbukti dengan peningkatan hasil belajar ranah kognitif (tes dan produk) dan ranah afektif .Rata-rata hasil belajar untuk ranah kognitif pada siklus 1 sebesar  61,22 dan rata-rata pada siklus 2 sebesar 78,29. Peningkatan rata-rata hasil belajar pada siklus I dan Siklus 2 sebesar 17,07. Sedangkan hasil belajar pada ranah afektif berada pada kriteria baik, hal ini ditunjukkan dari hasil umpan balik mahasiswa.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERPENDEKATAN SAVI PADA MATERI TEMBANG DOLANAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR SE-EKS KARESIDENAN MADIUN Panji Kuncoro Hadi; Endang Sri Maruti; Hartini Hartini
JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpdp.v3i2.88

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengembangkan bahan ajar berpendekatan SAVI pada materi tembang dolanan untuk siswa sekolah dasar sekaresidenan Madiun.. Untuk dapat mencapai tujuan penelitian tersebut, maka penelitian pengembangan ini merujuk pada metode 4-D. Data penelitian berupa hasil validitas pengembangan bahan ajar berpendekatan SAVI materi tembang dolanan untuk siswa sekolah dasar se-karesidenan Madiun. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, angket, dan tes nembang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan bahan ajar berpendekatan SAVI pada materi tembang dolanan untuk siswa kelas IV SD di Karesidenan Madiun terdiri dari tiga tahap. Tahap tersebut adalah tahap pendifinisian, tahap tahap perancangan, dan tahap pengembangan; (2) buku ajar siswa berpendekatan SAVI pada materi tembang dolanan untuk siswa kelas IV SD di Karesidenan Madiun tingkat reliabilitasnya sangat tinggi, yakni 89,7%; dan (3) berdasarkan penghitungan, hasil thitung  sebesar 7,31, sedangkan ttabel sebesar 3,56. Karena thitung>ttabel maka H1 diterima. Hal tersebut menyatakan bahwa bahan ajar berpendekatan SAVI pada materi tembang dolanan untuk siswa kelas IV SD di Karesidenan Madiun adalah efektif digunakan.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE MODELING THE WAY PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SEKOLAH DASAR Dwi Cahyadi Wibowo; Suhartatik Suhartatik; Anita Sri Rejeki Hutagaol
JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpdp.v2i2.107

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 15 SP 3 Pandan dengan penggunaan metode modeling the way pada materi pecahan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode modeling the way pada materi pecahan kelas IV SDN 15 SP 3 Pandan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 15 SP 3 Pandan. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, pengukuran, dan komunikasi tidak langsung, dengan alat pengumpulan data yaitu lembar observasi, soal tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar siswa siklus I dengan rerata 70,62% (kategori baik) dan siklus II sebesar 90,15% (kategori sangat baik) terjadi peningkatan sebesar 19,53%.(2)Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I yaitu sebesar 84% (kategori baik) sedangkan hasil belajar pada siklus II yaitu sebesar 96% (kategori baik) sehingga terjadi peningkatan 12%. (3) Respon siswa terhadap penerapan metode modeling the way diperoleh presentase total sebesar 91,44% dengan kategori sangat kuat. Penerapan metode  modeling the way pada materi pecahan kelas IV di SDN 15 SP 3 Pandan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING BERBANTUAN BONEKA WAYANG Raditya Esthi Wijayanti; Firosalia Kristin; Indri Anugraheni
JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpdp.v5i1.348

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing berbantuan media boneka wayang dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, mengetahui adanya peningkatan aktivitas belajar, dan peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing berbantuan media boneka  wayang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Patemon 01 dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV SD Negeri Patemon 01 dengan jumlah 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan adalah wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif dan komparatif pada siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing berbantuan media boneka wayang yaitu pengaturan tempat duduk menjadi bentuk huruf U, pembagian kelompok bermain peran, memberikan skenario cerita dan menyusun boneka wayang, dan kegiatan bermain peran dengan menggunakan boneka wayang serta mengevaluasi kegiatan bermain peran yang sudah dilakukan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada pembelajaran tematik pserta didik kelas IV SD Negeri Patemon 01. Hal tersebut dapat dibuktikan dari perolehan hasil aktivitas belajar dan hasil belajar IPS yaitu pada aktivitas tindakan pra siklus dengan rata-rata 44,46  memiliki kategori cukup, siklus 1 dengan rata-rata 58,11 memiliki kategori cukup dan siklus 2 dengan rata-rata 80,30 memiliki  kategori sangat baik. Mengalami peningkatan aktivitas belajar pada pra siklus ke siklus 1 sebesar 13,65 dan pada siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 22,19. Adanya peningkatan aktivitas belajar berpengaruh pada hasil belajar terbukti dari perolehan hasil tindakan pra siklus mencapai rata-rata 59,34 menjadi 67,84 pada siklus 1 dan peningkatan pada siklus 2 menjadi 73,26. Terjadi peningkatan hasil belajar pada tindakan pra siklus ke siklus 1 sebesar 5,42%, dan mengalami peningkatan pada siklus 1 ke siklus 2 sebesar 8,50%. 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SUBTEMA CARA TUBUH MENGOLAH UDARA BERSIH Aprina Mantek; Nelly Wedyawati; Benediktus Ege
JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpdp.v6i1.641

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif tema udara bersih bagi kesehatan subtema cara tubuh mengolah udara bersih. Penelitian kuantitatif dengan desain quasy eksperimental design. Teknik pemilihan simple random sampling. Teknik pengumpulan data observasi langsung, pengukuran, dan komunikasi tidak langsung. Uji hipotesis pada pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,360 dengan ɑ = 0,05 (0,360 > 0,05) menunjukan bahwa H0 diterima yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif pada pretest kelas eksperimen dan kontrol. Uji hipotesis pada posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,032 dengan ɑ = 0,05 (0,032 < 0,05) memperlihatkan bahwa H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif siswa pada posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peningkatan hasil kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen berdasarkan indeks gain hake sebesar 0,50 dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.
PENERAPAN PBL(PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTUAN MEDIA PAPAN CATUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 4 SD Yuli Puji Lestari; Slameto Slameto; Elvira Hosein Radia
JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/jpdp.v4i1.14

Abstract

Latar belakang dilakukan penelitian yaitu guru belum menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa serta pemilihan media yang belum tepat. Hal tersebut mengakibatkan keaktifan dan hasil belajar siswa menjadi kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas 4 SD  menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbantuan media papan catur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi kegiatan mengajar guru dan aktivitas belajar siswa, serta hasil belajar siswa. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik presentase yaitu analisis data yang membandingkan hasil belajar siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan temuan: 1) model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dilakukan dengan langkah-langkah; a) pemberian pertanyaan mendasar, b) orientasi peserta didik kepada masalah, c) mengorganisasikan peserta didik, d) membimbing penyelidikan kelompok, e) mengembangkan dan menyajikan karya. Temuan lain adalah tentang Penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbantuan media papan catur dapat meningkatkan hasil belajar siswa ditunjukkan pada hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa yang mencapai ≥ 70 meningkat pada siklus 1 dan siklus 2.

Page 1 of 17 | Total Record : 170