Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Vol 4, No 4 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar pada Materi Pokok Hukum Newton Peserta Didik Kelas X IPA2 SMA Negeri 1 Parigi

Suriani, Wa Ode (Unknown)
Hastuti RM, Vivi (Unknown)
Sukariasih, Luh (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X IPA2 SMA Negeri 1 Parigi pada materi pokok Hukum Newton yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah; dan 2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X IPA2 SMA Negeri 1 Parigi pada materi pokok Hukum Newton yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data keterampilan berpikir kritis dan data hasil belajar peserta didik. Data keterampilan berpikir kritis diperoleh melalui tes keterampilan berpikir kritis, sedangkan data hasil belajar diperoleh melalui tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu: 1) membuat tabulasi data; 2) menentukan hasil belajar; 3) menentukan nilai rata-rata hasil belajar; 4) mengklasifikasi nilai hasil belajar; 5) menentukan nilai keterampilan berpikir kritis peserta didik; dan 6) pengkategorian keterampilan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa: 1) keterampilan berpikir kritis peserta didik pada siklus I meningkat pada tiap indikatornya di siklus II. 2) hasil belajar peserta didik kelas X IPA2 SMA Negeri 1 Parigi pada materi pokok Hukum Newton yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah mengalami peningkatan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPFI

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika is a Scientific Journal published by the Jurusan Pendidikan Fisika of the Teaching and Education Faculty of Halu Oleo University with a period of 4 (four) times a year, namely the January, April, July and November periods. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika ...