cover
Contact Name
Abdin
Contact Email
abdin@uho.ac.id
Phone
+6285299821886
Journal Mail Official
jipfi@uho.ac.id
Editorial Address
Jl. HEA Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia Email: jipfi@uho.ac.id
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 25023861     EISSN : 2715551X     DOI : http://dx.doi.org/10.36709/jipfi
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika is a Scientific Journal published by the Jurusan Pendidikan Fisika of the Teaching and Education Faculty of Halu Oleo University with a period of 4 (four) times a year, namely the January, April, July and November periods. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika publishes research articles in the field of Physics Education which include Physics Learning Models or Methods, Physics Learning Strategies, Physics Learning Media, ICT in Physics Learning, Physics Literacy Learning, Higher Order Thinking Skill Physics, Physics Learning Materials, with various types of research methods and applied physics. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika has been published through print media since 2016 with Volume 1, Number 1 in January 2016, and the initial electronic publication for the Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika starting from Volume 5, Number 1 in January 2020. Purpose the existence of this journal is for the publication and dissemination of research results in the field of Physics education.
Articles 147 Documents
Pengembangan Eksperimen Pembelajaran Gaya Lorents dengan Bantuan Tracking Software Logger Pro Ismarjiati, Maria Theresia Nanik
Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Publisher : Jurusan Pendidikan Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jipfi.v5i2.12917

Abstract

        Dalam pembelajaran yang umum terjadi di sekolah lanjutan cukup banyak fenomena kemagnetan yang masih sulit ditunjukkan dengan baik jika guru dalam mengajar hanya menggunakan alat praktikum yang tersedia.  Salah satu contoh yang sering dilakukan guru adalah untuk menunjukkan adanya gaya Lorents, ternyata magnet yang ada di laboratorium sekolah tidak memiliki kekuatan yang cukup besar sehingga gerakan kawat akibat gaya Lorents tidak dapat terlalu terlihat. Selain itu sebetulnya masih cukup banyak  materi kemagnetan di SMA yang membutuhkan metode eksperimen  baik secara konvensional maupun dengan media berbasis teknologi digital yang bisa dilakukan oleh guru agar peserta didik menjadi lebih memahami konsep kemagnetan salah satunya  gaya Lorents. Tujuan darikajian ini adalah mengembangkan media pembelajaran gaya Lorents berbantuan tracking Logger pro.  Desain penelitian dibuat dengan tahapan pembuatan desain alat, validasi dan uji coba. Hasil analisis pengembangan media pembelajaran diperoleh bahwa hasil validasi baik alhli materi ataupun pengguna memberika respon yang baik. Hasil val idasi ahli materi sebesar 87% sedangkan untuk validasi pengguna sebesar 80-97%. Hal ini menunjukkan bawah media belajaran gaya Lorents berbasis Logger pro dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran.
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Pictorial Riddle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pokok Keseimbangan dan Dinamika Rotasi Kelas XI MIA3 SMA Negeri 1 Sampolawa Darfia, Wa Ode; Anas, Muhammad; Sahara, La
Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Publisher : Jurusan Pendidikan Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jipfi.v5i2.13329

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proses keterlaksanaan pembelajaran guru dengan langkah-langkah model pembelajaran berbasis masalah berbantuan pictorial riddle di kelas XI MIA3 SMA Negeri 1 Sampolawa pada materi pokok keseimbangan dan dinamika rotasi; 2) mengetahui bahwa model pembelajaran berbasis masalah berbantuan pictorial riddle dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI MIA3 SMA Negeri 1 Sampolawa pada materi pokok keseimbangan dan dinamika rotasi; 3) mengetahui ketuntasan belajar peserta didik  kelas XI MIA3 SMA Negeri 1 Sampolawa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan pictorial riddle pada materi pokok keseimbangan dan dinamika rotasi; 4) mengetahui bahwa model pembelajaran berbasis masalah berbantuan pictorial riddle dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIA3 SMA Negeri 1 Sampolawa pada materi pokok keseimbangan dan dinamika rotasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes hasil belajar kognitif dan tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses keterlaksanaan pembelajaran guru dengan langkah-langkah model pembelajaran berbasis masalah berbantuan pictorial riddle mengalami perbaikan proses dimana keterlaksanaan pembelajaran guru berada pada kategori sangat baik. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik mengalami peningkatan dimana pada siklus I rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik adalah 51,92 dan  menjadi 74,19 di siklus II.  Presentase ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal pada siklus I adalah 14,81 % dan persentase ketuntasan belajar  peserta didik siklus II adalah 59,26 %. Keterampilan berpikir kritis peserta didik juga mengalami peningkatan  dimana  siklus I nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis peserta didik dari keseluruhan indikator adalah 37,59 dan meningkat menjadi 66,67  di siklus II.
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Pembelajaran IPA Kelas VIII SMPN 2 Kulisusu Nurjana, Nurjana; Yuris, Muhamad; Sukariasih, Luh; Ute, Nilawati
Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika Vol 5, No 3 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Publisher : Jurusan Pendidikan Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jipfi.v5i3.13795

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya hasil belajar kognitif yang diperoleh peserta didik kelas VIII SMPN 2 Kulisusu.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik materi usaha dan pesawat sederhana kelas VIII SMPN 2 Kulisusu melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran discovery learning. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 2 Kulisusu semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 112 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling sehingga diperoleh dua kelas  yaitu kelas eksperimen (VIIIA) dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas  kontrol (VIIIB) dengan model pembelajaran discovery learning. Teknik pengumpulan data hasil belajar kognitif menggunakan tes objektif pilihan ganda.  Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: 1) Gambaran pretest hasil belajar kognitif peserta didik kelas eksperimen pada materi Usaha dan Pesawat Sederhana adalah rata-rata 34,23 dan standar deviasi 8,79, sedangkan pada kelas kontrol adalah rata-rata 34,26 dan standar deviasi14,12. Gambaran posttest hasil belajar kognitif peserta didik kelas eksperimen pada materi Usaha dan Pesawat Sederhana adalah rata-rata 80,76 dan standar deviasi 6,59, sedangkan pada kelas kontrol adalah rata-rata 70,56 dan standar deviasi 9,64; 2) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pretest hasil belajar kognitif peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol; 3) Nilai rata-rata posttest hasil belajar kognitif peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada nilai rata-rata posttest hasil belajar kognitif peserta didik kelas kontrol; 4) Nilai rata-rata N-gain hasil belajar kognitif peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada nilai rata-rata N-gain hasil belajar kognitif peserta didik kelas kontrol.
Analisis Nilai Kapasitansi Komposit Lithium Besi Oksida (Li5FeO4) dan Karbon Aktif Kulit Biji Mete sebagai Bahan Dasar Elektroda Baterai Lithium: Efek Variasi Massa Ahmad, Ahmad; Erniwati, Erniwati; RM, Vivi Hastuti
Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika Vol 5, No 3 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Publisher : Jurusan Pendidikan Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jipfi.v5i3.13932

Abstract

Previous researchers have investigated the manufacture of lithium battery electrode materials from Li5FeO4 composites with activated carbon of cashew nutshells. However, the effect of combining activated carbon to the lithium battery electrode material was not reviewed. The purpose of this study was to determine the effect of the comparison of the mass composition of Li5FeO4 and cashew nut shell active carbon on the capacitance value of the lithium battery electrode. These electrodes generated using the high-temperature solid-state method. The material used is iron oxide Fe2O3 from iron sand and LiOH.H2O, which homogenized with a sintering temperature of 850ÌŠC for 15 hours with a ratio of 6/1 to produce Li5FeO4. Then Li5FeO4 was compiled with activated carbon of cashew nut shells with a mass fraction of activated carbon 60%, 50%, 40%, and 20%. Furthermore, it characterized using cyclic voltammetry. The results of cyclic voltammetry characterization for a mass fraction of 60% produce a capacitance of 4.7 F / g, a mass fraction of 50% produces a capacitance of 59.1 F / g, a mass fraction of 40% produces a capacitance of 87, 3 F / g, and a mass fraction of 20% produces capacitance of 243 F / g. From the four variations of mass fraction, the capacitance that meets the lithium battery electrode capacitance on the market is the mass fraction of 20%.
Penerapan Strategi Pembelajaran PDEODE untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 14 Kendari pada Materi Pokok Kalor dan Perpindahnnya Supraningsi A.B, Putri; Anas, Muhammad; M, Hunaidah
Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika Vol 5, No 3 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Publisher : Jurusan Pendidikan Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jipfi.v5i3.14107

Abstract

This study is motivated by the low critical thinking skills and learning outcomes possessed by the students of VII grade of SMPN 14 Kendari. This study aims to determine the enhancement in critical thinking skills and learning outcomes on the subject Matter of Heat and Its Transfer. The population of this study were all students of VII grade of SMPN 14 Kendari who were registered in the odd semester in 2019/2020 school year, with total 204 students. The sample of this research was group VII3 with total 41 students as the experimental group and group VII4 with total 41 students as the control group who were taken by using random sampling techniques. The research data were analysed by using descriptive and inferential statistics. Research results show: 1) There is no significant difference between the pre-test average scores of students critical thinking skills in the experimental group and the control group; 2) There is no significant difference between the pre-test average scores of the experimental group students and the control group; 3) The post-test average score of students from critical thinking skills in the experimental group was significantly higher than in the control group; 4) The post-test average score of the experimental group students was significantly higher than in the control group; 5) The average value of N-gain critical thinking skills of students in the experimental group was significantly higher than the control group; 6) ) The average value of N-gain learning outcomes of students in the experimental group was significantly higher than the control group.
Analisis Variasi Temperatur Aktivasi Terhadap Struktur Kristalin Arang Aktif Dari Tandan Aren (Arenga Pinnata Merr) Dengan Agen Aktivasi Potassium Silicate (K2SiO3) Nurlia, Nurlia; Anas, Muhammad; Erniwati, Erniwati
Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika Vol 5, No 4 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Publisher : Jurusan Pendidikan Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jipfi.v5i4.14106

Abstract

This study aims to determine the effect of variations of  activation temperature of  activated carbon from sugar palm bunches of chemically activatied with the activation agent of potassium silicate (K2SiO3) on the crystalline structure. Activated carbon is the result of pyrolysis of carbonaceous raw materials at temperatures lower than  of 1000 oC. Activated carbon from bunches of sugar palm acquired in four steps: preparation steps, carbonization steps using the pyrolysis reactor with temperature of 300 oC - 400 oC for 8 hours and chemical activation using of potassium silicate (K2SiO3) activator in weight ratio of 2: 1 and physical activation using the electric furnace for 30 minutes with temperature variation of 600 oC, 650 oC, 700 oC, 750 oC and 800 oC. The crystalline structure tested by X-Ray Diffraction (XRD) method, the results yielded of 26,60o, 26,62o, 26,16o, 26,22o, 26,97o,  and 26,68o respectively. The highest crystalline structure yield was 22.26% at temperature of  600 oC and the lowest was 8.83% at temperature of 650 oC. The results obtained were amorphous  91.17% at the highest temperature of 650 oC and the lowest 77.74% at temperatur of  600 oC  which has a random and irregular arrangement pattern of atoms or molecules repeatedly or not periodically.
Analisis Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik dengan Instrumen Four-Tier Diagnotict Test Sufiani, Yuni; Erniwati, Erniwati; Eso, Rosliana
Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Publisher : Jurusan Pendidikan Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jipfi.v4i1.14142

Abstract

This study aims to determine the understanding of the concept of students on mechanical wave material for students in class XI SMAN 1 Mawasangka Tengah. This type of research is a type of quantitative descriptive research. In this study, the authors wanted to analyze the students' conceptual understanding using the Four-tier diagnostic test instrument. The object of this research is the students of class XI IPA (1) and XI IPA (2) at SMAN 1 Mawasangka Tengah. The data in this study are primary data collected using four-tier diagnostic tests and documentation. The results of the data analysis showed that the average value of the percentage level of understanding of sub-concept students (1) the factors that influence the speed of the wave propagation, namely 4.4% understanding the concept, 81.4% misconception and 14.2% not understanding the concept (2) The current wave period is 23.5% understanding the concept, 64.4% misconception and 13.1% not understanding the concept (3) The frequency of the traveling wave is 32.2% understanding the concept, 51.4% misconception and 16.4 % do not understand the concept (4) Frequency on stationary waves is 36.6% understand the concept, 48.6% misconception and 14.7% do not understand the concept and (5) Wavelength on stationary waves is 15.8% understand the concept, 69 , 9% had misconceptions and 14.2% did not understand the concept. Based on the results of the analysis, it was concluded that: 1) The students' understanding of the concept of mechanical waves was included in the low category. Students who understood the concept were 22.5%, most of the students' understanding of the criteria did not understand the concept of 14.7% and 62.8% indicated that they had misconceptions. 2) Misconception of the high category found in the concept of factors that affect the speed of wave propagation by 81.4%.
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMP Wahyuni, Ni Kedek Indri; Anas, Muhammad; Sukariasih, Luh
Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Publisher : Jurusan Pendidikan Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jipfi.v4i2.14189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk yaitu mendeskripsikan aktivitas belajar, hasil belajar, dan ketuntasan hasil belajar  IPA peserta didik kelas VIIIC SMPN 1 Uepai yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah PTK yang telah dilaksanakan dalam II siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik semester genap tahun ajaran 2018/2019. Data penelitian dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil analisis data: 1) aktivitas peserta didik setiap siklus rerata pada siklus I sebesar 2,4 dengan kategori cukup meningkat pada siklus II yaitu 3 dengan kategori baik; 2) hasil belajar peserta didik kelas VIIIC pada siklus I diperoleh nilai 27,3 sampai dengan 100 dengan nilai rata–rata 70,5 dan standar deviasi 15,4, pada siklus II diperoleh nilai dari 55 sampai dengan 95 dengan nilai rata–rata 76,1 dan standar deviasi 10,1; dan 3) ketuntasan belajar fisika peserta didik mengalamai peningkatan pada siklus I sebesar 76,9% meningkat menjadi 83,3% pada siklus II.
Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Berbantuan Simulasi Phet Untuk Meningkatkan Keterampilan Inkuiri Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA 1 SMAN 1 Wonggeduku Pada Materi Pokok Gerak Parabola Mangidi, Yeyen Atusman; Sukariasih, Luh; Mongkito, Vivi Hastuti Rufa
Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika Vol 4, No 3 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Publisher : Jurusan Pendidikan Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jipfi.v4i3.14201

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui gambaran keterampilan inkuiri pesera didik kelas X MIA 1 SMAN 1 Wonggeduku pada materi pokok gerak parabola yang diajar dengan model pembelajaran penemuan berbantuan simulasi PhET; 2) mengetahui besar peningkatan hasil belajar pesera didik kelas X MIA 1 SMAN 1 Wonggeduku pada materi pokok gerak parabola yang diajar dengan model pembelajaran penemuan berbantuan simulasi PhET; dan 3) mengetahui gambaran ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas X MIA 1 SMAN 1 Wonggeduku pada materi pokok gerak parabola setelah diajar dengan model pembelajaran penemuan berbantuan simulasi PhET. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA 1 SMAN 1 Wonggeduku tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 orang. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah keterampilan inkuiri yang diperoleh dari lembar observasi dan hasil belajar yang diperoleh dari tes hasil siklus I dan siklus II. Analisis data yang dilakukan statistik deskriptif. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) keterampilan inkuiri peserta didik kelas X MIA 1 SMAN 1 Wonggeduku pada materi pokok gerak parabola melalui penggunaan model pembelajaran penemuan berbantuan simulasi PhET mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata aspek keterampilan inkuiri peserta didik pada siklus I dan siklus II. Dimana pada siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 2,2 yang berada pada kategori cukup dan pada siklus II diperoleh skor rata-rata sebesar 3,3 yang berada pada kategori baik; 2) hasil belajar peserta didik kelas X MIA 1 SMAN 1 Wonggeduku yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran penemuan berbantuan simulasi PhET pada materi pokok gerak parabola mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan pada siklus I diperoleh nilai mulai rata-rata sebesar 61,8 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 70,8; dan 3) ketuntasan belajar Fisika peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Wonggeduku yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran penemuan berbantuan simulasi PhET mengalami peningkatan, dimana pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar aspek kognitif sebesar 60% dan pada siklus II sebesar 84%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar sebesar 24%.
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar pada Materi Pokok Hukum Newton Peserta Didik Kelas X IPA2 SMA Negeri 1 Parigi Suriani, Wa Ode; Hastuti RM, Vivi; Sukariasih, Luh
Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika Vol 4, No 4 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Publisher : Jurusan Pendidikan Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jipfi.v4i4.9746

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X IPA2 SMA Negeri 1 Parigi pada materi pokok Hukum Newton yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah; dan 2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X IPA2 SMA Negeri 1 Parigi pada materi pokok Hukum Newton yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data keterampilan berpikir kritis dan data hasil belajar peserta didik. Data keterampilan berpikir kritis diperoleh melalui tes keterampilan berpikir kritis, sedangkan data hasil belajar diperoleh melalui tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu: 1) membuat tabulasi data; 2) menentukan hasil belajar; 3) menentukan nilai rata-rata hasil belajar; 4) mengklasifikasi nilai hasil belajar; 5) menentukan nilai keterampilan berpikir kritis peserta didik; dan 6) pengkategorian keterampilan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa: 1) keterampilan berpikir kritis peserta didik pada siklus I meningkat pada tiap indikatornya di siklus II. 2) hasil belajar peserta didik kelas X IPA2 SMA Negeri 1 Parigi pada materi pokok Hukum Newton yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah mengalami peningkatan.

Page 1 of 15 | Total Record : 147