Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP

Maulani, Magfirah (Unknown)
Hunaidah, Hunaidah (Unknown)
Erniwati, Erniwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIIIE SMP Negeri  4  Buton Tengah yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi cahaya dan alat optik. Jenis penelitian ini adalah PTK yang telah dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang berjumlah 22 orang siswa, terdiri dari 13 laki-laki dan 9 perempuan yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan tes essay dilakukan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan yakni keterampilan berpikir kritis peserta didik pada siklus I meningkat pada tiap indikatornya di siklus II, dengan nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis pada siklus I sebesar 45,68 yang berada pada kategori rendah dan nilai rerata keterampilan berpikir kritis pada siklus II sebesar 70,23 yang berada pada kategori sedang. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPFI

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika is a Scientific Journal published by the Jurusan Pendidikan Fisika of the Teaching and Education Faculty of Halu Oleo University with a period of 4 (four) times a year, namely the January, April, July and November periods. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika ...