Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan
Vol 14, No 1 (2018): Rausyan Fikr

ISYARAT AL-QUR’AN TENTANG METODOLOGI PENGAJARAN

Asrori Mukhtarom (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2018

Abstract

Abstrak:Metodologi pengajaran merupakan komponen yang penting dalam proses pendidikan. Tercapai atau tidaknya tujuan pendidikan tergantung pada metodologi pengajaran yang diterapkan. Mengajar tidak hanya menyampaikan informasi dari guru kepada siswa saja, banyak kegiatan dan tindakan yang harus dilakukan pengajar. Al-Qur’an sebagai “kitab pendidikan” menawarkan metode pengajaran yang variatif, di antaranya yaitu metode tabligh, uswatun hasanah, kisah, demonstrasi, hiwar, research, amtsal, dan lainnya. Beragam metode pengajaran yang ditawarkan al-Qur’an dapat dijadikan sumber pembelajaran yang kemudian diimplementasikan dalam proses pengajaran yang disesuaikan pada tingkat pendidikan. Dengan metode pengajaran yang variatif dapat menghindari proses belajar-mengajar yang monoton dan indoktrinatif yang akan membuat jenuh peserta didik.Kata Kunci: Metodologi, Pengajaran, dan Al-Qur’an.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

RausyanFikr

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Rausyan Fikr adalah jurnal yang didirikan dari tahun 2008 oleh fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Tangerang Banten. jurnal rausyan fikr memuat penelitian-penelitian di bidang Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Perbankan ...