cover
Contact Name
Erpin Harahap
Contact Email
erpinharahap@umt.ac.id
Phone
+6281316371691
Journal Mail Official
erpinharahap@umt.ac.id
Editorial Address
Jl. Perintis kemerdekaan 1/33 cikokol kota tangerang-Banten 15118
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan
ISSN : 19790074     EISSN : 25805940     DOI : https://doi.org/10.31000/rf
Rausyan Fikr adalah jurnal yang didirikan dari tahun 2008 oleh fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Tangerang Banten. jurnal rausyan fikr memuat penelitian-penelitian di bidang Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Perbankan Syariah
Articles 163 Documents
AKUNTABILITAS KEPEMIMPINAN PADA KEPENDIDIKAN BERBASIS AGAMA ISLAM Sutarman Sutarman; Agus Salim; Ujang Cepi Barlian
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan Vol 14, No 02 (2018): Rausyan Fikr
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/rf.v14i02.912

Abstract

Abstrak:Akuntabilitas kepemimpinan pada tenaga kependidikan berbasis agama merupakan elemen terpenting dalam pendidikan. Pendidikan yang berkualitas dapat diwujudkan apabila sekolah memiliki pemimpin dan tenaga pengajar yang berkualitas serta memiliki komitmen dan integritas yang tinggi untuk memajukan pendidikan yang berkualitas.. Ada empat komponen utama yang dapat dijadikan kriteria umum sebagai acuan untuk meneningkatkan kualitas pada sebuah lembaga kependidikan, yang meliputi (1) pembelajaran peserta didik(2) kesempatan untuk belajar, (3) responsif terhadap peserta didik, orang tua, dan masyarakat, (4) kapasitas kemampuan dalam perbaikan lembaga pendidikan.Kata kunci : Akuntabilitas, Kepemimpinan, Kependidikan
LINK AND MATCH PENDIDIKAN SEKOLAH KEJURUAN Muh Turizal Husein
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan Vol 15, No 2 (2019): Rausyan Fikr
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/rf.v15i2.2037

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model kerja sama link and match yang efektif untuk diterapkan guna meningkatkan kesiapan kerja bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dibutuhkan suatu kebijakan yang dapat meningkatkan relevansi antara Sekolah Kejuruan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus (case study) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini melakukan studi kasus di SMK Muhammadiyah 1 Cipondoh Kota Tangerang Jurusan Bisnis Manajemen Kompetensi Keahlian Akuntansi bertujuan untuk mempelajari secara intensif mengenai latar belakang masalah pengangguran dan bagaimana kebijakan link and match dapat menjadi solusi mengatasi pengangguran. Penetapan informan sebagai sumber data menggunakan teknik purposive sampling dan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dengan adanya link and match antara pemasok tenaga kerja dengan penggunanya Pendidikan Kejuruan dapat mengetahui kompetensi (keahlian) apa yang paling dibutuhkan dunia kerja (2) model kerja sama link and match dikatakan efektif bilamana model kerja sama link and match mengantarkan standar kompetensi lulusan SMK sama dengan kompetensi harapan DUDI.
FENOMENA TEMPAT SUCI DALAM AGAMA Luqman Junaidi
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan Vol 13, No 2 (2017): Rausyan FIkr
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/rf.v13i2.300

Abstract

Tempat suci merupakan salah satu fenomena yang menarik dalam realitas keberagamaan umat manusia. Setiap pemeluk agama mengaku memiliki pengalaman spiritual unik ketika berada di tempat sucinya, sehingga mereka menunjukkan etika yang khas ketika berada di dalamnya. Pengalaman spiritual unik yang membuahkan etika khusus ini ternyata tidak bisa dijelaskan secara jernih oleh psikologi atau antropologi. Dengan menggunakan metode yang khas pula, fenomenologi hadir menawarkan metode dan penjelasan yang jernih dan elegan.
PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA abdul basyit
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan Vol 14, No 1 (2018): Rausyan Fikr
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/rf.v14i1.812

Abstract

Perkembangan Pendidikan Islam Di Indonesia. Pada awalnya bersifat informal, yakni melalui interaksi pada Perguruan Tinggi Agama. Sekolah Islam dan madrasah unggulan menambahkan penekanan inter-personal yang berlangsung dalam berbagai kesempatan seperti aktivitas perdagangan da’wah bil hal atau keteladanan. Lembaga pendidikan islam tradisional di Nusantara antara lain yaitu: Masjid, Langgar, Pesantren adalah lembaga pendidikan dan pengajaran agama. Madrasah merupakan perkembangan lebih lanjut atau pembaruan dari pesantren atau surau yang berlanjut pada religiusitas dan kesalehan melalui berbagai matpel keislaman. Secara sederhana, proses pendidikan yang dikembangkan di madrasah dan sekolah Islam unggulan (terpadu) bertujuan untuk mencetak alumni yang “cerdas” dan “berakhlak mulia”. Faktor yang menumbuh kembangkan keberadaan sekolah dan madrasah terpadu adalah kesadaran sebagian muslim untuk mendesain system pendidikan unggul, menurunnya proses dan hasil pendidikan di sekolah-sekolah umum, skeptisnya sebagian masyarakat terhadap proses dan hasil pendidikan pada lembaga-lembaga pendidikan.
METODE PEMBELAJARAN CLASS DISCUSSION DAPAT MENINGKATKAN KUALITAS SPEAKING (BAHASA INGGRIS) TERHADAP MAHASISWA/PESERTA DIDIK J. Anhar Rabi Hamsah Tis’ah
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan Vol 15, No 2 (2019): Rausyan Fikr
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/rf.v15i2.1803

Abstract

Abstrak:Keterbatasan wadah untuk mengeksplorasi speaking skill bagi seseorang yang mau mengasah keahliannya dalam bidang speaking (berbicara) menggunakan bahasa Inggris sangat mempengaruhi proses tebentuknya pembiasaan tersebut jika tidak adanya wadah untuk melatih diri. Dalam hal ini class discussion sangat berfungsi untuk menunjang keahlian speaking seseorang guna mencapai kualitas yang lebih baik. Kata kunci : Class Discussion, Kualitas, Speaking.
SUPERVISOR PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTF AL-QUR`AN sahlani sahlani
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan Vol 16, No 2 (2020): Rausyan Fikr
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/rf.v17i2.3047

Abstract

Abstrak:Pendidik berkaitan langsung terhadap kualitas pendidik dan peserta didik dalam menjalankan kewenangan seorang supervaisor dalam tata kelola pendidikan yang menyentuh langsung terhadap peserta didik, Dalam upaya meningkatkan hasil dan mutu pendidikan, kompetesi pimpinan dan kompetensi pengawasan terhadap hasil yang diharapkan, merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Kompetensi kepemimpinan harus memiliki kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi dan kompetensi sosial yang kesemuanya tidak terlepas dari wawasan dan nilai-nilai al-Qur`an. Sedangkan kompetensi pengawas sekolah meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi supervisi manajerial, kompetensi supervisi akademik, kompetensi evaluasi pendidikan, kompetensi penelitian dan pengembangan dan kompetensi sosial.
MEMAHAMI FITRAH MANUSIA DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM Abdul Basyit
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan Vol 13, No 1 (2017): Rausyan Fikr
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/rf.v13i1.30

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dan bersifat deskriptif analitik. Fokus penelitian diarahkan untuk mengkaji Memahami Fitrah Manusia Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam. Penelitian ini menyimpulkan bahwa; Hubungan fitrah dengan pendidikan adalah potensi yang ada atau kemampuan jasmani dan rohaniah yang dapat dikembangkan dalam pendidikan. Pendidikan merupakan sarana (alat) yang menentukan sampai dimana tiitik optimal kemampuan untuk mencapainya. Keutuhan terhadap pendidikan bukan sekedar untuk mengembangkan aspek-aspek individualisasi dan sosialisasi, melainkan juga mengarahkan perkembangan kemampuan dasar tersebut kepada pola hidup yang ukhrawi.
MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS TAUHID Totong Heri
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan Vol 14, No 1 (2018): Rausyan Fikr
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/rf.v14i1.674

Abstract

 Abstrak:Manajemen merupakan penentu atas keberhasilan suatu lembaga penyelenggara pendidikan. Terlebih lagi pada lembaga penyelenggara pendidikan Islam, Setiap penyelenggara pendidikan harus memiliki pemahaman yang sama tentang hakekat tujuan pendidikan Islam, kesamaan visi dan misi, serta kesatuan dalam kepemimpinan. Kedua; Penyelenggara pendidikan Islam harus memiliki semangat etos kerja yang baik, dan harus menjaga kepercayaan masyarakat. Ketiga; Penyelenggara pendidikan merupakan sarana ibadah kepada Allah SWT. Keempat; Penyelenggara pendidkan Islam memiliki tugas sebagai pemimpin di bumi. Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan, Islam dan Tauhid
MEDIA PEMBELAJARAN POHON KLASIFIKASI DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Zaharah Zaharah; Tri harjawati; Imam Wahyudi; Cut dhien nurwahidah
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan Vol 15, No 1 (2019): Rausyan Fikr
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/rf.v15i1.1373

Abstract

Peningkatan hasil belajar IPS mata pelajaran geografi penggunaan Pohon Klasifikasi, metode pembelajaran Cooperative learning dan Jigsaw, teknik yang digunakan adalah kelompok diskusi dalam IIS B kelas XI di 58 Sekolah Menengah Atas Negeri Jakarta. Dapat disimpulkan menurut data analitik dari Post Test Cycle I dengan median 72, 0588 atau 72%, dengan kategori Sukses atau Tidak Sukses, pada Siklus II dengan median 85, 2941 atau 85, 2%, dengan Bagus/kategori Sangat Sukses. Dengan demikian, nilai rata-rata memenuhi nilai standar KKM ditetapkan menjadi 75. Berdasarkan ini; dapat dikatakan bahwa ada peningkatan hasil belajar dengan metode Klasifikasi Pohon.
SISTEM PEMBIAYAAN LEASING DI PERBANKAN SYARIAH Dhany Hermawan; Fujiah Fujiah
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan Vol 16, No 2 (2020): Rausyan Fikr
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/rf.v17i2.3034

Abstract

Abstrak;Artikel ini mencoba mengeksplorasi konsep teoritis penyewaan sebagai produk dari perbankan syariah menunjukkan bagian dari konsep ekonomi Islam. Ekonomi Islam bertujuan untuk mendapatkan nilai dan etika islam. Munculnya lembaga perbankan syariah karena adanya motivasi untuk menghindari system Riba. Larangan sistem bunga dalam Islam merupakan referensi utama dalam aktivitas perbankan syariah. Label syariah menyiratkan beberapa konsekuensi baik dalam konsep atau dalam sistem operasi bank syariah termasuk leasing harus didasarkan pada Al-Qur’an dan Sunnah.

Page 1 of 17 | Total Record : 163