Biaya kualitas adalah segala pengeluaran yang mendukung perbaikan kualitas suatu produk akan dimasukkan sebagai biaya kualitas. Dan sebagai biaya-biaya sehubungan dengan aktivitas untuk mengontrol kualitas dan dalam mengoreksi risiko kegagalan yang timbul. Biaya kualitas dikelompokkan kedalam 4 (empat) kategori, yaitu biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal, dan biaya kegagalan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya kualitas terhadap jumlah penjualan pada PT. Fajar Agung Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengumpulan laporan keuangan perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah persamaan regresi linier berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa biaya kualitas secara simultan (uji F) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap jumlah penjualan. Namun tidak demikian bila diuji secara parsial (uji T), hasil pengujian menunjukkan bahwa biaya kualitas secara parsial (uji T) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap jumlah penjualan. Dengan adjusted R square diketahui bahwa biaya kualitas memiliki pengaruh sebesar 78,9% terhadap jumlah penjualan.
Copyrights © 2018