Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

THE EFFECT OF DRAW LABEL CAPTION STRATEGY TOWARD STUDENTS’ ABILITY IN NARRATIVE WRITINGFORSENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN ACADEMIC YEAR 2012/2013 A Study at Eleventh Grade Students of SMAN 14 Padang

Salam, Afni (Unknown)
Yelfiza, Yelfiza (Unknown)
Sariasih, Wiwit (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAK  Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan strategi draw label caption strategy terhadapkemampuan writing (menulis) dalam pelajaran bahasa inggris, karena masih ada siswa yang belum mampu menulis dalam pembelajaran writing. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 14 Padang. dalam pemilihan sampel peneliti menggunakan uji liliefors, uji Barlet, uji F, dan software Minitab. Data yang diambil untuk menentukan sampel adalah nilai semester I. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen, XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 1 sebagai kelas try out.Dalam meneliti peneliti menggunakan strategi draw label caption dalam kelas eksperimen dan strategi direct instructional dalam kelas kontrol. Perlakuan yang diberikan sebanyak 4 kali pertemuan, materi yang diberikan sesuai dengan silabus kelas XI yaitu narrative. Setelah melakukan percobaan, peneliti mengadakan posttest untuk mengetahui hasil dari pengaruh strategi yang dicobakan. Setelah mendapatkan data tersebut, peneliti menganalisa dengan menggunakan rumus Sudjana (2002). Hasil yang didapat menunjukkan adanya peninggkatan nilai setelah diperlakukan dikelas eksperimen yaitu XI IPA 3 diperoleh t- hitung yaitu, 2,20 lebih besar dari pada t-table 2,00. Dengan demikian strategi draw label caption mampu meningkatkan nilai siswa dalam pembelajaran writing.  

Copyrights © 2013