Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol 12 No 2 (2019): Oktober

SISTEM MONITORING KUALITAS AIR MINERAL BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS) MENGGUNAKAN PLATFORM NODE-RED DAN METODE SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING)

Anderias Eko Wijaya (STMIK SUBANG)
Rijal Bani Salam Sukarni (STMIK Subang)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2019

Abstract

Air merupakan zat yang paling penting dalam kehidupan setelah udara. Kecenderungan penggunaan air minum oleh masyarakat semakin meningkat, salah satu penyebabnya adalah pencemaran udara yang semakin parah saat ini. Namun, sering kali masyarakat memperhatikan kualitas dan standarisasi tentang keamanan air minum isi ulang yang mereka konsumsi yang diminta oleh depot. Dengan menggunakan metode SAW kita dapat menyusun mineral udara dari depot sehingga memudahkan konsumen dalam memilah dan memilih kualitas air mineral tersebut. Dan dengan adanya IoT yang digunakan dalam sistem ini dapat meningkatkan akurasi dan kecepatan dalam pengambilan data dan kesimpulan, sehingga memberikan referensi pada konsumen untuk memilih depot air mineral yang berkualitas cepat dan tepat.Alat mengambil data dengan sensor pH, Kekeruhan, dan TDS Meter untuk mencari tingkat keasaman dan kebasaan pada udara, udara kekeruhan, dan padatan terlarut dalam udara. Kemudian data yang diperoleh dikirim melalui jaringan MQTT Broker ke platform node-red, data yang diterima di inputkan ke dalam database untuk diolah menggunakan metode SAW, hasil perhitungan metode SAW dibeli oleh sistem. alat dan sistem ini dapat diimplementasikan pada Dinas Kesehatan untuk mengimplementasikan kualitas air mineral yang dijulal oleh Depot Air Minum Isi Ulang. Kata Kunci: Arduino Uno, Internet of Things, Data Pembobotan Aditif Sederhana yang input di inputkan ke dalam database untuk diolah menggunakan metode SAW, hasil perhitungan metode SAW pembayaran oleh sistem.alat dan sistem ini dapat diimplementasikan pada Dinas Kesehatan untuk mengimplementasikan kualitas air mineral yang dijulal oleh Depot Air Minum Isi Ulang. Kata Kunci: Arduino Uno, Internet of Things, Data Pembobotan Aditif Sederhana yang input di inputkan ke dalam database untuk diolah menggunakan metode SAW, hasil perhitungan metode SAW pembayaran oleh sistem. alat dan sistem ini dapat diimplementasikan pada Dinas Kesehatan untuk mengimplementasikan kualitas air mineral yang dijulal oleh Depot Air Minum Isi Ulang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jtik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi menerbitkan kajian ilmiah hasil penelitian dan pemikiran di bidang ilmu dan teknologi komputer yang didistribusikan sebagai sumber referensi bagi para akademisi di bidang Ilmu dan Teknologi Komputer. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi menerima artikel ...