Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

TEACHING WRITING RECOUNT TEXT THROUGH SELF TALK STRATEGY FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Nofriadi, Nofriadi (Unknown)
Alicia, Dona (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2013

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk mengajarkan menulis dengan menggunakan Self Talk strategy. strategi ini dianggap penulis dapat membantu siswa dalam mmeningkatkan kemampuan menulis siswa. Dalam menggunakan Self Talk strategy guru dapat memahami kemampuan siswa dalam menulis teks berdasarkan tingkatan kemampuannya.Dalam pembuatan makalah ini, penulis berpedoman sebelumnya kepada kemampuan siswa dalam pemahaman menulis yang banyak penulis temui waktu melakukan observasi disalah satu sekolah menengah atas. Disini penulis melihat siswa kurang mampu dalam menulis teks bacaan sehingga mereka sulit untuk mengeluarkan ide.Berdasarkan masalah diatas, penulis mencoba menggunakan strategi ini untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam menulis. Disini penulis menggunakan teks recount sebagai salah satu teks yang ada dalam kurikulum bahasa inggris, dan penulis mengambil teks hortatory exposition untuk kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA). Untuk membantu siswa dalam menulis, penulis menggunakan Self Talk strategy.Self Talk strategy ini sangat simple apabila diaplikasikan. menggunakan strategi Self Talk ini sangat bermanfaat khususnya bagi siswa yang mempunyai kemampuan menulis yang rendah. Dengan menggunakan strategi ini siswa dapat menulis kembali apa yang pernah mereka alami secara nyata maupun yang ada dalam immaginasi.

Copyrights © 2013