ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan Content Purpose Audience (CPA) Strategy terhadap kemampuan menulis siswa. Penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif. populasi dari penelitian ini adalah semua kelas XI SMA N 1 Basa Ampek Balai Tapan yang terdiri dari 240 siswa. Untuk menentukan sampel penelitian, peneliti melakukan uji homogenity dan normality terhadap semua kelas populasi. Peneliti mengambil kelas yang paling relevan tingkat homogenity dan normality. Selanjutnya, peneliti menggunakan flipping coin dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA3 sebagai kelas kontrol.Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan pre-test, setelah itu melakukan 11 kali pertemuan dan melakukan pos-test. peneliti mengumpulkan data berupa test menulis siswa dimana rata â rata hasil tes di pre-test 30,8 dan pos-test 71,1 di kelas exsperimental, dan rata-rata hasil tes di pre-test 25,3 dan pos-test 30,3 di kelas kontrol. pengujian hipotesis ini dilakukan dengan uji t, setelah dilakukan pengujian diperoleh tcalculated lebih kecil dari ttable di pre-test dan diperoleh tcalculated lebih besar dari ttable di pos-test. Maka hipotesis pada penelitian ini diterima, sehingga disimpulkan bahwa Content Purpose Audience (CPA) Strategy dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap Bahasa Inggris khusus nya dalam menulis pada siswa kelas XI SMA N 1 Basa Ampek Balai Tapan.
Copyrights © 2013