Indonesian Values and Character Education Journal
Vol 1, No 1 (2018): April

Pengaruh Teknik Klarifikasi Nilai terhadap Minat dan Prestasi Belajar IPS

Sujana, Made (Unknown)
Lasmawan, I W. (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik klarifikasi nilai terhadap minat belajar dan hasil belajar IPS pada siswa kelas VI SD. Rancangan penelitian ini menggunakan pola dasar The Posttest Only Control Group dengan jenis eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 80 siswa. Data yang dikumpulkan adalah minat belajar dan hasil belajar IPS. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, minat belajar siswa yang mengikuti teknik klarifikasi nilai secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional (F = 60,474; p < 0,05). Kedua, hasil belajar IPS siswa yang mengikuti teknik klarifikasi nilai secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional (F = 18,344; p < 0,05). Ketiga, secara simultan minat belajar dan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti teknik klarifikasi nilai secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

IVCEJ

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Values and Character Education Journal is a general journal published by Universitas Pendidikan Ganesha. This journal aims to accommodate articles of research results in the social field. In the end, this Journal can provide a description of the development of science and technology in ...