Pesona Dasar : Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora
Vol 1, No 4 (2015): Oktober 2015

PENGARUH LATIHAN BEBAN SQUAT TERHADAP POWER TENDANGAN MAWASHI GERI PADA ATLET KEMPO ACEH TAHUN 2015

Awaluddin , (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2015

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Latihan Beban Squat Terhadap Power Tendangan Mawashigeri Pada Atlet Kempo Aceh Tahun 2015”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Latihan Beban Squat Terhadap Power Tendangan Mawashigeri Pada Atlet Kempo Aceh Tahun 2015. Sampel dalam penelitian ini adalah atlet Kempo Aceh yang berjumlah 8 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara totalsampling, yaitu sampel diambil seluruhnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) tes tendangan mawashigeri dilakukan dengan cara melakukan tes leg dynamometr. Data diolah dengan menggunakan rumus statistik dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata, standar deviasi, dan uji dua rata-rata (ttes). Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat Pengaruh Latihan Beban Squat Terhadap Power Tendangan Mawashigeri Pada Atlet Kempo Aceh Tahun 2015 dengan nila rata-rata sebesar 9,4375 kg, dengan pengujian t-tes sebesar 0,377 kg dan t-tabel sebesar 0,131, demikian jelas bahwa t-tes lebih besar daripada t-tabel, dapat disimpulkan bahwa latihan beban squat (X) terhadap peningkatan power tendangan mawashigeri (Y) adalah signifikan. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat Pengaruh Latihan Beban Squat Terhadap Power Tendangan Mawashigeri Pada Atlet Kempo Aceh Tahun 2015 dapat diterima kebenarannya. Saran dari penelitian ini adalah apabila latihan dilakukan sesuai dengan pengertiannya dan konsepnya maka akan ada peningkatan kualitas fisik, teknik dan mental dalam diri atlet.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

PEAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pesona Dasar focuses on educational research, especially research on primary education. It invites educational researchers from all regions of Indonesia to share their knowledge on the development of primary educational research. This journal is published twice a year in April and ...