Pesona Dasar : Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora
Vol 2, No 3 (2014): Oktober 2014

EVALUASI STATUS GIZI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MURID SEKOLAH DASAR NEGERI SAMAR KILANG KABUPATEN BENER MERIAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Diana Mayasari (Unknown)
M. Nasir Yusuf (Unknown)
Nyak Amir (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2014

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi status gizi dan prestasi belajar pada murid Sekolah Dasar Negeri Samar KilangKabupaten Bener Meriahtahun pelajaran 2012/2013, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah murid kelas IV (Empat), V (Lima), dan VI (Enam) dengan jumlah murid sebanyak 38 (47,5%) orang murid laki-laki, 42 (52,5%) murid perempuan, dengan jumlah keseluruhannya adalah sebanyak 80 orang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan statistik Deskriptif/Deduktif. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Presentase status gizi 38 orang (47,5%) murid yang mengalami kategori status gizi kurus dan 42 orang (52,5%) murid yang status gizinya normal dengan nilai rata-rata adalah 18,57 dan termasuk kedalam kategori baik/normal. (2) Tingkat prestasi belajar 36 orang (45%) murid yang berkategori cukup dan 44 orang (55%) yang berkategori baik dengan nilai rata-rata adalah 7,06 dan termasuk kedalam kategori baik.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

PEAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pesona Dasar focuses on educational research, especially research on primary education. It invites educational researchers from all regions of Indonesia to share their knowledge on the development of primary educational research. This journal is published twice a year in April and ...