Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan yang dilakukan pada penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kooperatf tipe Jigsaw dalam pembelajaran mata pelajaran Geografi. Rumusan hipotesis tindakannya adalah : “Bagaimanakah pembelajaran dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw”,dapat dilihat dari aspek : (1) Peningkatan aktivitas belajar peserta didik, (2) Aktivitas mengajar pendidik, (3) Peningkatan hasil belajar peserta didik.Penelitian ini dilakukan di kelas XI-IPS1 SMA Negeri 3 Banda Aceh dengan tindakan dilakukan sebanyak 3 tahapan atau siklus. Model penelitian yang dipilih adalah PTK kolaboratif dengan melibatkan 1 observasi sejawat pendidik kelas XI-IPS 1 Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar peserta didik, lembar observasi aktivitas pendidik, serta lembar tes hasil belajar. kesimpulan yang diperoleh adalah : (1) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran Geografi terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. (2) Sedangkan, jika dilihat dari aspek aktivitas pendidik, hampir seluruh aspek sudah dapat diterapkan, hanya sebagian yang belum optimal, yaitu perhatian yang belum merata pada seluruh peserta sidik. (3) Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw jika dilihat dari aspek perolehan hasil belajar peserta didik juga menunjukkan keberhasilan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, selanjutnya dikemukakan saran sebagai berikut : (1) Penerapan ketrampilan mengelola kelas sangat diharapkan selalu dilakukan pendidik secara tepat, khususnya untuk menumbuhkan minat belajar anak. (2) Dalam penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, hendaknya pendidik benar-benar memperhatikan prinsip-prinsip penerapan yang benar, agar hasilnya dapat maksimal.
Copyrights © 2015