Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 3, No 3 (2020)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SDN1 KASUMEETO

Radiah, Radiah (Unknown)
Arihi, La Ode Safiun (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Kasumeeto tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini berjumlah 22 siswa. faktor yang diteliti dari penelitian ini adalah siswa, guru dan hasil belajar. Prosedur penelitian mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas yaitu; (a) perencanaan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan evaluasi, dan (d) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran pendekatan pemecahan masalah dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SD Negeri 1 Kasumeeto dalam materi pokok sistem pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 66,72 menjadi 77,45 pada siklus II. Di samping itu, terjadi peningkatan ketuntasan belajar yaitu siklus I jumlah yang tuntas 68,18% (15 orang siswa) menjadi 86,36% (19 orang siswa) pada siklus II dengan jumlah siswa secara keseluruhan sebesar 22 siswa.Kata Kunci : Pemecahan Masalah; Hasil Beajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...