Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 1, No 1 (2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP BILANGAN PADA SISWA SD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Kansil, Yoo Eka Yana (Unknown)
Nini, Nini (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2018

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan tipe STAD. Penelitian ini menerapkan desain penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN 16 Mandonga.   Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil observasi, evaluasi, dan refleksi pada setiap tidakan perbaikan pembelajaran menunjukan bahwa pada tindakan siklus pertama, proses aktifitas mengajar guru mencapai 82,5% dan pada tindakan siklus kedua meningkat 95%. Begitupun pada proses aktivitas yang dilakukan oleh siswa pada siklus pertama mencapai 77,1% dan pada tindakan siklus kedua mengalami peningkatan mencapai 94,3%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus pertama meningkat menjadi 88,5% atau sebanyak 23 siswa dari 26 siswa yang tuntas memperoleh nilai ≥69 dengan nilai rata rata 80,76.  Kata kunci: hasil belajar siswa, model pembelajaran, kooperatif, STAD, siswa sekolah dasar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...