Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 1, No 2 (2017)

PENERAPAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 5 NAPABALANO

Erman, Erman (Unknown)
Kansil, Yoo Eka Yana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, serta tes formatif siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Melalui penerapan pendekatan pemecahan masalah, hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 5 Napabalano Kabupaten Muna dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siklus I, hasil belajar siswa secara klasikal sebanyak 15 siswa memperoleh nilai ≥65 dengan persentase 60%. Dari hasil tes tindakan siklus II, setelah penggunaan model pemecahan masalah pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Napabalano Kabupaten Muna diperoleh hasil belajar siswa secara klasikal terhadap pokok bahasan perkalian dan pemagian bilangan 23 siswa yang memperoleh nilai ≥65 dengan persentase 92% atau mengalami peningkatan sebesar 32% dari hasil tindakan pada siklus I; dan (2) Penggunaan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 5 Napabalano Kabupaten Muna dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran.Kata Kunci: Pendekatan pemecahan masalah; hasil belajar siswa

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...