SUPERMAT (JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA)
Vol 3 No 1 (2019): Supermat : Jurnal Pendidikan Matematika

IDENTIFIKASI KESULITAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMECAHAN MASALAH PECAHAN

Syarifuddin Syarifuddin (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan representasi siswa pada pemecahan masalah pecahan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksploratif. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif yang dilakukan pada siswa salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bima NTB dengan menggunakan partsipan sebanyak 10 orang.. Siswa diberikan tes berupa soal untuk mengidentifikasi kesulitan representasi siswa dan untuk mengetahui bentuk representasi yang dihasilkan oleh siswa. Hasil penelitian menunjukan: 1) masih ada siswa yang kesulitan dalam merepresentasikan verbal, gambar, dan simbol aritmatika tentang terbentuknya pecahan; 2) masih ada siswa yang penyelesaian masalah pecahan dengan mengguanakan representasi verbal tetapi tidak bisa merepresentasikan dengan simbol aritmatika dan gambar; 3) siswa masih kesulitan menyelesaikan masalah bentuk pecahan ke bentuk pecahan sederhana.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

SM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal SUPERMAT akan menerbitkan naskah-naskah artikel ilmiah dalam cakupan bidang Pendidikan Matematika. Tulisan dapat berupa diseminasi hasil penelitian, telaah pustaka ilmiah yang komprehensif atau resensi dari buku ilmiah. Tulisan belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dipertimbangkan ...