AbstrakPenelitian ini mengkaji strategi pemasaran jasa pendidikan di SD Nasima Semarang. Sekolah yang berbasis nasional dan agama ini berdiri tahun 1994. Keberhasilan manajemen sekolah dalam pemasaran jasa pendidikan di sekolah ini telah membuahkan hasil, antara lain; minat masyarakat menyekolahkan anaknya ke SD Nasima selalu meningkat berasal dari berbagai daerah di Semarang dan dukungan orang tua dan masyarakat kepada lembaga ini juga semakin meningkat. Ada dua strategi market yang dijalankan, yakni: pemasaran internal dan pemasaran eksternal. Pada pemasaran internal, strategi yang dijalankan adalah pemberian kebijakan penerimaan langsung bagi alumni TK Nasima, pemberian diskon, perenting class dan mengoptimalkan peran walikelas, guru dan wali murid. Sedangkan pemasaran eksternal, strateginya adalah menjalin kemitraan dengan TK-TK di wilayah market Nasima, penyebaran brosur, pemuatan informasi tentang sekolah Nasima, pemasangan spanduk, baliho yang strategis, menggelar pameran pendidikan, free trial class dan open house. Model pendidikan SD Nasima memiliki peluang cukup besar, karena banyak kalangan menengah yang sadar agama membutuhkan pendidikan Islam yang berkualitas bagus. Di sisi lain tantangannya adalah penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas baik dan penuh inovasi. Dalam hal ini SD Nasima adalah pendidikan yang pertama di Semarang menyelenggarakan full day school.Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Jasa Pendidikan
Copyrights © 2016