Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap perilaku menabung pada PT. BPR Arthama Cerah Weleri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 55 responden nasabah yang mempunyai saldo mencapai Rp. 5.000.000,- keatas di PT. BPR Arthama Cerah Weleri. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Variabel dependen pada penelitian ini adalah perilaku menabung. Variabel independen pada peneltian ini adalah kepercayaan dan kualitas pelayanan. Pengujian hipotesis dengan analisis regresi berganda menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan berpengaruh terhadap perilaku menabung dengan hasil perhitungan t hitung (3,088) lebih besar dari t tabel (2,006) dengan signifikansi (0,003 < 0,05) dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap perilaku menabung dengan hasil perhitungan t hitung (2,829) lebih besar dari t tabel (2,006) dengan signifikansi (0,007) < (0,05). Kepercayaan dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap perilaku menabung dengan hasil perhitungan F hitung (14, 968) lebih besar dari F tabel (3,17) dengan signifikansi (0,000 < 0,05). Kepercayaan dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap perilaku menabung sebesar 36,5% dan sisanya sebesar 63,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Copyrights © 2020