SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika
Vol 3 No 4 (2020): Jurnal SKANIKA Juli 2020

Penerapan Metode Marker Based Tracking Untuk Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus

Ahmad Albi Aldriyan (Unknown)
Safrina Amini (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2020

Abstract

Pada era globalisasi saat ini teknologi sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi manusia termasuk anak-anak berkebutuhan khusus. Namun anak-anak berkebutuhan khusus kurang mendapatkan pengetahuan tentang teknologi baik dirumah ataupun sekolah. Padahal penggunaan teknologi dapat membantu proses belajar dan mengajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Proses belajar dan mengajar yang menyenangkan dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Teknologi dapat menjadi sebuah media pembelajaran yang mudah dan menyenangkan yang dapat membantu dalam proses belajar dan mengajar di Sekolah Khusus Nurasih Tangerang Selatan. Penerapan Augmented Reality dengan menggunakan metode Marker Based Tracking berbasis android diharapkan dapat menjadi solusi atas permasalahan yang ada karena cara kerja metode Marker Based Tracking pada Augmented Rreality cukup sederhana namun dapat menghasilkan objek virtual 3D yang menarik bagi anak berkebutuhan khusus. Hasilnya penerapan Augmented Reality berbasis android ini menjadi lebih mudah digunakan dan dipahami oleh guru-guru dan juga anak-anak berkebutuhan khusus berdasarkan hasil kuesioner 20 responden yang ada di lingkungan Sekolah Khusus Nurasih Tangerang Selatan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SKANIKA

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Engineering

Description

SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika adalah media publikasi online hasil penelitian yang diterbitkan oleh Program Studi Sistem komputer dan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur. Scope atau Topik Jurnal: Kriptografi, Steganografi, Sistem Pakar / ...