JURNAL PENDIDIKAN SAINS SOSIAL DAN AGAMA
Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama

EFEKTIVITAS COOPERATIVE LEARNING MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK ESTETIK PADA MATERI MERAWAT ORANG SAKIT

Sujiono (Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STABN Raden Wijaya Wonogiri)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis seberapa efektif cooperative learning model STAD (Student Team Achievement Divisions) dalam meningkatkan keterampilan menyimak Estetik pada materi merawat orang sakit. Jenis penelitian adalah naturalistik. Tempat penelitian ini di SDN 3 Getas, Kec. Kaloran, Kab. Temanggung. Waktu pelaksanaan penelitian ini adalah bulan Februari s.d Juli 2018. Informan dalam penelitian terdiri dari guru pendidikan agama Buddha, Siswa pendidikan agama Buddha Kelas V, dan Kepala Sekolah SDN 3 Getas, Kec. Kaloran, Kab. Temanggung. Penetuan informan dalam penelitian menggunakan snowball sampling. Validatas data yang pergunakan dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Teknik analis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Hubermen. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat ditemukan implementasi cooperative learning model STAD (Student Team Achievement Divisions) sangat efektif diterapkan pada materi merawat orang sakit. Siswa terlibat aktif menyimak estetik kisah Puttigatissa Thera. Siswa mampu menceritakan kisah Puttigatissa Thera dengan baik. Kelancaran siswa dalam menceritakan kisah Puttigatissa Thera sudah baik. Siswa mampu mengerjakan soal yang diberikan oleh guru secara individual. Hasil pembelajaran dapat tercapai lebih optimal.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PSSA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN, SAINS SOSIAL, DAN AGAMA is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing research articles focusses on: 1. Teaching method 2. Instructional methods 3. Instructional strategy 4. Instructional materials development 5. Experiment, ...