JURNAL PENDIDIKAN SAINS SOSIAL DAN AGAMA
Vol. 4 No. 2 (2018): Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama

PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA BERAGAMA BUDDHA

Lany Susanti (Unknown)
Hesti Sadtyadi (Unknown)
Anik Tri Kustiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2020

Abstract

Kompetensi profesional merupakan kemampuan guru dalam menguasai materi yang akan disampaikan secara mendalam serta memahami materi lain yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan. Kompetensi profesional guru erat kaitannya dengan pembelajaran sehingga diharapkan dapat memberikan hasil dan prestasi belajar yang baik bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, pada pengumpulan data mengunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana, untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara kedua variabel.Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana tampak adanya hubungan atau pengaruh kompetensi profesional dengan prestasi belajar siswa. Kuesioner atasan menghasilkan pengaruh sebesar 0,799 dan kuesioner teman sejawat menghasilkan pengaruh sebesar 0,968, yang artinya jika kompetensi profesional mengalami kenaikan sebesar satu satuan maka koefisien prestasi belajar akan mengalami kenaikan sebesar koefisien pengaruh tersebut dengan catatan semua variabel lain konstan. Jadi terdapat pengaruh kompetensi profesional guru pendidikan agama Buddha terhadap prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PSSA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN, SAINS SOSIAL, DAN AGAMA is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing research articles focusses on: 1. Teaching method 2. Instructional methods 3. Instructional strategy 4. Instructional materials development 5. Experiment, ...