ABSTRAK Latar Belakang:Kecemasan adalah fungsi ego untuk memperingatkan individu tentang kemungkinan datangnya suatu bahaya sehingga dapat disiapkan reaksi adaptif yang sesuai. Kecemasan dapat mempengaruhi prestasi belajar, karena kecemasan cenderung menghasilkan kebingungan dan distorsi persepsi. Tujuan : Mengetahui hubungan antara tingkat kecemasan dalam menghadapi Ujian Tengah Semester dengan prestasi belajar murid kelas XI di SMAN 1 Dukupuntang. Metode :Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional.Jumlah populasi penelitian sebesar 320 murid, dan sampel penelitian sebanyak 76 responden yang memenuhi kriteria inklusi, diambil dengan teknik simple random sampling. Hasil : Hasil analisis data pada mata pelajaran matematika nilai p value=0,000 (p < 0,05) dan nilai r 0,778 menunjukkan ada hubungan antara tingkat kecemasan dengan prestasi belajar matematika, sedangkan hasil analisis data untuk mata pelajaran bahasa Indonesia nilai p value=0,724 (p > 0,05) dan nilai r 0,124 menunjukkan tidak ada hubungan antara tingkat kecemasan dengan prestasi belajar bahasa Indonesia. Simpulan : Pada mata pelajaran matematika terdapat hubungan antara tingkat kecemasan dengan prestasi belajar matematika dan Pada mata pelajaran bahasa Indonesia tidak terdapat hubungan antara tingkat kecemasan dengan prestasi belajar bahasa IndonesiaKata Kunci : Tingkat Kecemasan, Prestasi Belajar Matematika, Prestasi Belajar Bahasa Indonesia, Murid kelas XI ABSTRACT Background : The anxiety is the ego function to alert individual about the possiblity of danger so that it can be prepared by the appropriate adaptive reactions. The anxiety can affect student’s achievement, since it tends to make fear and perception’s distortion Objective : To know the correlation between level of anxiety in facing the midterm examination with academic achievement of the eleventh grade students in SMAN 1 Dukupuntang Method: It is an analytical observation research using cross sectional approach. By using random sampling only 76 respondents of 320 students who are included in the inclusion criteria. Result: The result of data analysis for mathematics lesson is p value equal to 0,000 (p < 0,05) and r value is 0,778 which is showing a correlation between anxiety’s level dengan academic achievement in mathematics lesson, while the result of Indonesian lesson score p value is equal to 0,724 (p > 0,05) and r value is 0,124 that is showing no correlation between level of anxiety with academic achievement in Indonesian.Conclusion: Based on the research, in mathematics lesson, there is correlation between level of anxiety with academic achievement in mathematics. On the other hand, in Indonesian lesson, there is no correlation between level of anxiety and academic achievement in Indonesian.Keywords: level of anxiety, mathematics academic achievement, Indonesian academic achievement, eleventh grade student
Copyrights © 2016