Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil
Vol 5 No 2 (2016): Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X TGB di SMK Negeri 26 Jakarta

Shinthia Mustiani (Alumni PTB, FT UNJ, Jakarta, Indonesia)
Tuti Iriani (Dosen PTB, FT UNJ, Jakarta, Indonesia)
Riyan Arthur (Dosen PTB, FT UNJ, Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2016

Abstract

Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran mekanika teknik pada siswa kelas X TGB di SMK Negeri 26 Jakarta. Penelitian berlangsung Maret sampai dengan Mei 2016. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan (Action Research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TGB 1 SMK Negeri 26 Jakarta. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan Kriteria Ketuntasan Minimal 66. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Mekanika Teknik siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatkan rata-rata hasil belajar siswa dari pre test ke post test, peningkatan rata-rata hasil belajar yang terjadi pada siklus I sebesar 25,47. Peningkatan rata-rata hasil belajar yang terjadi pada siklus II sebesar 26,09. Sedangkan peningkatan yang terjadi pada siklus III sebesar 26,41. Hal ini menunjukan bahwa model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar mekanika teknik.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpensil

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Other

Description

In general, the Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil accepts manuscripts with the themes: Education Strategy and Management, Industrial Relations, and Civil and Structural Engineering. Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil is intended for all academics in Civil Engineering Vocational Education. ...