Al Ghazali: Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Studi Islam
Vol 1 No 1 (2018)

Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Pendekatan Konseling Behavioral untuk Mengatasi Stres dan Depresi

stainu, ghazali (Unknown)
Hartini, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2018

Abstract

Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik Pendekatan Konseling Behavioral untuk mengatasi stress dan depresi adalah suatu bantuan yang diberikan kepada individu atau siswa yang diberikan secara kelompok dengan menggunakan suatu Teknik Pendekatan yang digunakan untuk menanggulangi terjadinya (tratment) Neorisis yaitu perilaku yang tidak adaptif dalam proses belajar. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengatasi dan untuk menemukan adanya stress dan depresi yang terjadi pada siswa kelas IX C MTs Negeri Prambanan Kabupaten Klaten. Penelitian Tindakan Kelas ini sebagai objek penelitiannya adalah siswa kelas IX C MTs Negeri Prambanan sedangkan sumber data penelitian ini adalah siswa kelas IX C yang mengalami stress dan depresi. Metode penelitiannya menggunakan metode dokumentasi, pengamatan, catatan lapangan, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Layanan Kegiatan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Pendekatan Konseling Behavioral dapat mengatasi dan menemukan terjadinya stress dan depresi dan dapat merubah perilaku siswa yang menyimpang serta dapat mengembangkan keterampilan self management dan self control pada siswa kelas IX C MTs Negeri Prambanan Kabupaten Klaten. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan bimbingan kelompok dengan teknik pendekatan konseling behavioral di MTs Negeri Prambanan sudah terlaksana dengan baik untuk itu disarankan agar kegiatan tersebut dapat dilakukan secara kontinyu, sehingga dapat membantu mengatasi segala permasalahan siswa untuk dapat mencapai tujuan pendidikan seperti yang diharapkan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

al_ghzali

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Al Ghazali merupakanJurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAINU Purworejo. Jurnal ini fokus pada studi kajian teoritis dan kritis seputar pendidikan islam. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, setiap bulan Juni dan Desember. Jurnal ini berisi ...