Niagawan
Vol 8, No 1 (2019): NIAGAWAN VOL 8 NO. 1 MARET 2019

PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF UNTUK PRODUK FASHION

Noni Rozaini (Universitas Negeri Medan)
Bismi Aditya Ginting (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2019

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya kontrol diri mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis Stambuk 2014 Unimed. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi dan kontrol diri terhadap perilaku pembelian impulsif mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis Unimed. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis stambuk 2014 Unimed yang berjumlah 76 mahasiswa dan sampel sebanyak 76 mahasiswa dengan teknik total sampling. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes dan penyebaran angket. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbanch. Persamaan regresi linear berganda menunjukkan  Y= 9,270 - 0,017 (X1) - 0,787 (X2) + 0,05. Hasil uji t (parsial) menunjukkan literasi ekonomi tidak terdapat pengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif. Kontrol diri berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif. Secara simultan, kategori literasi ekonomi dan kontrol diri berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 37,1% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian.Kata Kunci : Literasi Ekonomi, Kontrol Diri, Perilaku Pembelian Impulsif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

niagawan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Niagawan merupakan metadata OJS. Jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bisnis Fakulltas Ekonomi Universitas Negeri Medan (UNIMED) sebagai media Program Studi Pendidikan bisnis memuat karya tulis ilmiah hasil penelitian atau tinjauan kepustakaan dalam bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis, ...