cover
Contact Name
Pasca Dwi Putra
Contact Email
jurnal.niagawan@unimed.ac.id
Phone
+6285287876122
Journal Mail Official
jurnal.niagawan@unimed.ac.id
Editorial Address
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BISNIS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Jalan Willem Iskandar Psr V- Kotak Pos No.1589 Medan 20221
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Niagawan
ISSN : 23017775     EISSN : 25798014     DOI : https://doi.org/10.24114/niaga.v9i2
Niagawan merupakan metadata OJS. Jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bisnis Fakulltas Ekonomi Universitas Negeri Medan (UNIMED) sebagai media Program Studi Pendidikan bisnis memuat karya tulis ilmiah hasil penelitian atau tinjauan kepustakaan dalam bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis, pendidikan khususnya ekonomi, kewirausahaan dan ilmu pengetahuan sosial. Selain itu jurnal ini dapat menampung tulisan tulisan diluar tema pendidikan namun tetap berkaitan dengan manajemen dan ekonomi. Jurnal ini diterbitkan tiga kali setahun. Diharapkan memberikan kontribusi yang besar dalam bidang ekonomi, sosial, dan pendidikan
Articles 158 Documents
PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, KEBIJAKAN DEVIDEN DAN KEPUTUSAN INVESTASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR REAL ESTATE DAN PROPERTY YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE TAHUN 2012-2016 Choms Gary Ganda Tua Sibarani
Niagawan Vol 10, No 1 (2021): NIAGAWAN VOL 10 NO 1 MARET 2021
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/niaga.v10i1.19157

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Kebijakan Deviden dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan sektor real estate dan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2012-2016. Variabel independen dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan. Variable dependennya adalah Profitabilitas, Likuiditas, Kebijakan Deviden dan Keputusan Investasi. Populasi penelitian meliputi semua perusahaan sektor real estate dan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2012-2016. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode purposive sampling. Populasi data penelitian sebanyak 48 perusahaan, dan diperoleh sampel  sebanyak 17 perusahaan. Data penelitian ini diperoleh melalui situs Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1.) Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. (2.) Likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. (3.) Kebijakan Deviden tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. (4.) Keputusan Investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. (5.) Secara simultan Profitabilitas, Likuiditas, Kebijakan Deviden dan Keputusan Investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan sektor real estate dan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2012-2016.
DAMPAK PERDAGANGAN INTERNASIONAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA PADA TAHUN 2009-2019 revita yuni
Niagawan Vol 10, No 1 (2021): NIAGAWAN VOL 10 NO 1 MARET 2021
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/niaga.v10i1.19193

Abstract

Perdangangan internasional sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Salah satu indikator pertumbuhan ekonomi adalah dengan Produk Domestik Bruto (PDB). PDB merupakan indikator kesejahteraan perekonomian di suatu negara dan dapat menjadi rujukan untuk mengukur kesejahteraan masyarakat yang diukur dengan tingkat pendapatan (income). Maka semakin meningkat ekspor suatu negara, pendapatan masyarakat akan meningkat pula. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dengan cara mendeskripsikan fenomena-fenomena yang terjadi akibat dampak perdagangan internasional terhadap ekonomi Indonesia. perdagangan luar negeri dengan kegiatan ekspor dan impor memiliki pengaruh atau dampak terhadap pertumbuhan ekonomi. Hal ini juga sejalan dengan teori perdagangan internasional yang dikemukakan oleh Heckscher-Ohlin yang menyebutkan bahwa Net-Ekspor atau ekspor netto merupakan salah satu faktor terpenting dari Gross National Product (GNP), sehingga dengan berubahnya nilai Net-Ekspor maka akan memberikan pengaruh terhdap perubahan dari pendapatan nasional.
PENGARUH MENTAL BERWIRAUSAHA DAN MODAL BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN STAMBUK 2017 Putri Kemala Dewi Lubis
Niagawan Vol 10, No 1 (2021): NIAGAWAN VOL 10 NO 1 MARET 2021
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/niaga.v10i1.19982

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah mental berwirausaha dan modal berwirausaha yang minim mengakibatkan minat berwirausaha dan motivasi berwirausaha rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Mental Berwirausaha dan Modal Berwirasuaha Terhadap Minat Berwirausaha dengan Motivasi Berwirausaha Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Stambuk 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas Pendidikan Ekonomi A, B dan C dengan jumlah 113 mahasiswa. Pengambilan sampel  menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel yaitu 88 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan  adalah Regresi Linear berganda dan Analisis Jalur,  untuk menguji hipotesis digunakan Uji t (parsial), Uji F, dan Koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara mental berwirausaha dan modal berwirausaha terhadap minat berwirausaha dengan nilai F hitung > F tabel (69,280 > 3,10). (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara mental berwirausaha, modal berwirausaha, dan minat berwirausaha terhadap motivasi berwirausaha dengan nilai F hitung > F tabel (67,438 > 2,71). Hasil regresi linear berganda terdapat 2 persamaan yaitu  Y = 29,303 + 0,496X1+ 0,553X2 + e dan Y = 42,569 +0,236 X1+ 0,361X2 + 0,599X3 + e . Hasil uji R2 Persamaan 1 sebesar 0,706 atau 70,6% sedangkan sisanya 29,4% dipengaruhi oleh variabel lain sedangkan pada Persamaan 2 sebesar 63,4% sedangkan sisanya 36,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh mental berwirausaha dan modal berwirausaha terhadap minat berwirausaha dengan motivasi berwirausaha sebagai variabel intervening pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Stambuk 2017 Kata Kunci: Mental Berwirausaha, Modal Berwirausaha, Minat Berwirausaha, Motivasi Berwirausaha
PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT.ASTRA INTERNATIONAL, Tbk TOYOTA AUTO 2000 BUMI SERPONG DAMAI Cornelia Dumarya Manik
Niagawan Vol 10, No 1 (2021): NIAGAWAN VOL 10 NO 1 MARET 2021
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/niaga.v10i1.20179

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian pada PT. Astra International, Tbk-Toyota Auto 2000 cabang Bumi Serpong Damai. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Astra International, Tbk-Toyota Auto 2000 cabang Bumi Srpong Damai. Model penelitian yang digunakan yakni dengan metode observasi, wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, asosiatif dengan populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang melakukan service berkala pada PT. Astra International, Tbk-Toyota Auto 2000 cabang Bumi Serpong Damai, dalam waktu 5 (lima) tahun yaitu sebanyak 624 pelanggan. Metode penarikan sampel menggunakan rumus Slovin didapat sebanyak 86 responden. Metode analisis dalam pengolahan data adalah uji validitas dan reliabilitas, uji regresi linear sederhana, koefisien determinasi, uji hipotesis (uji-t), dan uji korelasi pearson product moment untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Yaris. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil, bahwa terdapat pengaruh hubungan positif antara citra merek terhadap keputusan pembelian sebesar 0,602 sehingga adanya hubungan antara citra merek terhadap keputusan pembelian, dari hasil regresi lienar sederhana dapat dilihat persamaan yang bernilai y=16.546+0,583X. Yang memiliki arti bahwa variabel citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen, dari hasil uji determinasi sebesar 0,362. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 36,2% Keputusan Pembelian konsumen terhadap pembelian mobil Toyota Yaris dipengaruhi oleh variasi dari ketiga variabel independen, yaitu keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek, keunikan asosiasi merek, Sedangkam sisanya sebesar 63,8% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti. Hasil t hitung adalah 6,907 lebih besar dari t tabel yaitu 1,9886. Oleh karena itu t-hitung lebih kecil daripada t-tabel, maka H0 ditolak dan Ha≠0 diterima. Ini menunjukkan bahwa antara pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian terdapat pengaruh yang signifikan.
ANALISIS PELATIHAN TERHADAP PENGEMBANGAN KARYAWAN PADA PT SURYA TOTO INDONESIA UNIT SERPONG BAGIAN WAREHOUSE Pusporini Palupi Jamaludin
Niagawan Vol 10, No 1 (2021): NIAGAWAN VOL 10 NO 1 MARET 2021
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/niaga.v10i1.20180

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelatihan dan Pengembangan Karyawan di PT Surya Toto Indonesia Unit Serpong Bagian Warehouse, dan juga untuk mengetahui analisis pelatihan karyawan terhadap Pengambangan karyawan karyawan PT Surya Toto Indonesia Unit Serpong Bagian WarehouseMetode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan model penelitian yaitu fenomenologi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder dan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive  samping Dalam penelitian kualitatif peneliti memiliki subyek penelitiannya tidak lebih dari sepuluh sampel. Adapun ciri khas dari wawancara mendalam ini didasarkan oleh sampel yang totalnya sebanyak sepuluh orang. Hal ini ditunjukkan jumlah informan utama sebanyak tujuh orang dan trigulasi sebanyak tiga orang. Metode pengumpulan data menggunakan sumber primer dan sekunder, teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, studi dokumentasi dan gabungan atau triangulasi.            Dari penelitian yang dilakukan dan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan : Hasil observasi peneliti dan hasil wawancara bersama para karyawan yang peneliti jadikan informan utama dan para pimpinan yang dijadikan sebagai trigulasi yaitu Pelatihan bagi perusahaan merupakan aktivitas yang penting dilakukan, di mana hal ini akan dapat mempengaruhi tingkat hasil kinerja dan prestasi kerja bagi tenaga kerja itu sendiri dan organisasi atau perusahaan di mana tenaga kerja tersebut bekerja.
PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. ELECTRONIC CITY CABANG BSD TANGERANG Endang Susilo Wardani
Niagawan Vol 10, No 1 (2021): NIAGAWAN VOL 10 NO 1 MARET 2021
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/niaga.v10i1.20182

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan pada PT. Electronick City Cabang BSD Tangerang. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan sampel sebanyak 52 responden. Teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini variabel pelatihan diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,787 dengan kriteria baik. Variabel kinerja karyawan diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,825 dengan kriteria baik. Pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai persamaan regresi Y = 13,866 + 0,644X, dan nilai koefisien korelasi 0,771 atau memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan nilai determinasi 59,5%. Uji  hipotesis diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05.
PENGARUH DIMENSI BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN LAYANAN E-BANKING Adiyatma Surya Firdaus; Herman Sjahruddin
Niagawan Vol 10, No 1 (2021): NIAGAWAN VOL 10 NO 1 MARET 2021
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/niaga.v10i1.21087

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Dimensi Bauran Pemasaran berpengaruh terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan E-Banking Pada PT.Bank BNI Syariah Kantor Cabang Makassar.. Pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil kuesioner sebesar 40 respoenden, dengan menggunakan teknik sampling jumlah indikator dikali 5-10. Hasil penelitian tersebut telah diuji asumsi klasik berupa asumsi normalitas, autokolerasi, multikolineritas, heteroskedastisitas dan linearitas. Metode analisis data menggunakan teknik regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima karena menunjukkan hasil uji hipotesis yang positif dan signifikan. Ini berarti bahwa variabel rasio aktivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap rentabilitas, variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, dan variabel rasio aktivitas dominan berpengaruh terhadap rentabilitas.
KONTRIBUSI TINGKAT RELIGIUSITAS DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH Herman Sjahruddin; Resky Ardiansyah; Orfiyanni Syarfetti Themba; Andi Tenriola
Niagawan Vol 10, No 1 (2021): NIAGAWAN VOL 10 NO 1 MARET 2021
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/niaga.v10i1.21115

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kontribusi tingkat religiusitas dan promosi terhadap minat masyarakat menjadi nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah Nasabah PT. Bank BNI Syariah (Persero) Tbk Cabang Makassar. Jumlah sampel sebanyak 49 yang diperoleh dengan menggunakan Nonprobability sampling. Untuk mencapai tujuan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda SPSS Ver. 22. Nilai t-statistik memberikan bukti jika tingkat religiusitas yang dimiliki nasabah dan promosi yang dilakukan pihak manajemen bank  terbukti memberikan kontribusi yang positif dan signifikan terhadap peningkatan minat masyarakat menjadi nasabah.
INDONESIAN GOVERNMENT POLICY AND SMEs BUSINESS STRATEGY DURING THE COVID-19 PANDEMIC Ratnaningsih Hidayati; Nadya Megawati Rachman
Niagawan Vol 10, No 1 (2021): NIAGAWAN VOL 10 NO 1 MARET 2021
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/niaga.v10i1.21813

Abstract

Economic disruption by The COVID-19 pandemic has hit Indonesian economic heavily. The purpose of this study is to provide an overview of government policies and business strategies in Indonesia amid the COVID-19 pandemic. This study employed a qualitative approach with data sources of literature reviews. The results of the study indicate that the Indonesian Government has responded to the pandemic by issuing some policies regarding SMEs.  There are several policies issued regarding the Micro and SMEs business. The policy is breakdown into five schemes namely (1) Social support; (2) SMES tax incentives; (3) Credit restructuring and relaxation (4) Working capital support stimulus; and (5) Collaboration with State-owned enterprise as the  off-taker for SMES products. On the other hand, there are some SMES business strategies in adjusting amidst the Covid-19 pandemic in Indonesia. Those strategies are (1) Products innovation; (2) Customer and stakeholder relationship management;(3) Digital marketing and distribution; and (4) Strategic Agility.
PENGARUH KONFLIK DAN ANALISA JABATAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. KALERINDO SEMESTA ABADI MEDAN ina namora putri
Niagawan Vol 10, No 1 (2021): NIAGAWAN VOL 10 NO 1 MARET 2021
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/niaga.v10i1.23404

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mencapai kinerja yang maksimal. Dalam mencapai tujuan tersebut maka perusahaan akan melakukan berbagai cara seperti memperbaiki sistem pengawasan dan menekan stres kerja. Konflik penting dijaga perusahaan karena akan berpengaruh terhadap kinerja akan lebih maksimal. Analisa jabatan juga perlu diperhatikan sehingga karyawan dapat bekerja tanpa beban sehingga kinerjanya dapat lebih maksimal. Berdasarkan uraian singkat tersebut, maka dirumuskan masalah sebagai berikut bagaimana pengaruh konflik dan stress kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Kalerindo Semesta Abadi Medan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, daftar pertanyaan dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Populasi adalah seluruh karyawan PT. Kalerindo Semesta Abadi Medan yang berjumlah 111 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh dimana 111orang dijadikan sampel penelitian.Hasil penelitian pada hipotesis menunjukkan bahwa konflik dan analisa jabatan secara serempak maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, dan konflik merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi kinerja karyawan dibanding analisa jabatan pada perusahaan ini. Kesimpulan penelitian ini adalah secara serempak dan parsial konflik dan analisa jabatan berpengaruh sangat signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Kalerido Semesta Abadi Medan.

Page 1 of 16 | Total Record : 158