Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya self regulated learning dan karakter pada mahasiswa yang berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh self regulated learning dan karakter terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Bisnis stambuk 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan dengan populasi seluruh mahasiswa prodi Pendidikan Bisnis stambuk 2017 yang berjumlah 90 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan kuesioner/angket. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan software SPSS 20 for windows. Teknik analisis data yang di gunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji regresi liner berganda. Uji hipotesis menggunakan uji t, uji F, dan uji Koefisien determinasi. Dari hasil uji t menunjukkan bahwa self regulated learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan thitung>ttabel = 4,563 > 1,663 dan nilai signifikani . Karakter berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar thitung>ttabel = 5,375 > 1,663 dan nilai signifikani . Hasil uji F menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara self regulated learning dan karakter terhadap prestasi belajar dengan nilai dan nilai Sig. < 0,05 . Hasil perhitungan regresi linier berganda diperoleh hasil dengan koefisien determinasi sebesar 43,6%. Kata Kunci : Self Regulated, Learning,Karakter, Prestasi Belajar
Copyrights © 2020