Fascho: Kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan
Vol. 9 No. 1 (2019): Fascho : Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN

Nurdini Ferianti (STKIP Muhammadiyah Bogor)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2019

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan pada siswa kelas III SD Negeri 3 Srikaton Kab. Musi Rawas, dengan subjek yang berjumlah 16 orang anak yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan McTaggart yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 6 pertemuan.Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisa data secara kualitatif dan kuantitatif. Sebelum melakukan penelitian, diadakan penelitian pra tindakan untuk mengetahui prosentase awal kemampuan menulis karangan anak, sehingga dapat diketahui seberapa besar peningkatan kemampuan menulis karangan sebelum dilakukan tindakan dan setelah dilakukan tindakan sampai pada siklus II. Kemampuan menulis karangan anak dapat meningkat setelah dilakukannya tindakan melalui metode mind mapping. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang mengatakan bahwa rata-rata kelas pada pra siklus sebesar 12,5%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I kemampuan menulis karangan anak meningkat menjadi 43,75% dan pada siklus II menjadi sebesar 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan anak.Hal ini terbukti dari hasil pengamatan yang dilakukan telah mencapai ketuntasan yaitu sebesar 70%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

fascho

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Fascho is a scientific journal published by Muhammadiyah School of Teacher Training and Education Bogor. The journal is published biannually in April and October. Fascho aims to accommodate ideas, research results produced by practitioners, thinkers, and experts in the fields of education and ...