Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan pada siswa kelas III SD Negeri 3 Srikaton Kab. Musi Rawas, dengan subjek yang berjumlah 16 orang anak yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan McTaggart yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 6 pertemuan.Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisa data secara kualitatif dan kuantitatif. Sebelum melakukan penelitian, diadakan penelitian pra tindakan untuk mengetahui prosentase awal kemampuan menulis karangan anak, sehingga dapat diketahui seberapa besar peningkatan kemampuan menulis karangan sebelum dilakukan tindakan dan setelah dilakukan tindakan sampai pada siklus II. Kemampuan menulis karangan anak dapat meningkat setelah dilakukannya tindakan melalui metode mind mapping. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang mengatakan bahwa rata-rata kelas pada pra siklus sebesar 12,5%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I kemampuan menulis karangan anak meningkat menjadi 43,75% dan pada siklus II menjadi sebesar 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan anak.Hal ini terbukti dari hasil pengamatan yang dilakukan telah mencapai ketuntasan yaitu sebesar 70%.
Copyrights © 2019