Fascho: Kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan
Vol. 9 No. 1 (2019): Fascho : Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan

STIMULASI KETERAMPILAN SOSIAL UNTUK ANAK USIA DINI

Amaliah Uswatun Hasanah (STKIP Muhammadiyah Bogor)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2019

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan program stimulasi yang dapat digunakan untuk melatih keterampilan sosial anak. Penggunaan metode dalam penulisan artikel ini adalah menggunakan kajian pustaka. Hasil yang didapat dari pengkajian pustaka stimulasi keterampilan sosial untuk Anak Usia Dini adalah : Anak Usia Dini merupakan seorang anak yang berada di usia 0-8 tahun dimana otak anak berkembang dengan pesatnya sesuai karakteristik yang dimiliki anak dan dengan rangsangan yang diberikan oleh lingkungan di sekitar anak. Sedangkan keterampilan sosial adalah pengetahuan tentang kemampuan memahami perasaan, sikap, dan motivasi orang lain, dan kemampuan untuk menilai apa yang sedang terjadi dalam suatu situasi sosial yang memberikan fungsi cukup dalam masyarakat dan keterampilan komunikasi dalammengungkapkan perasaan baik positif maupun negatif dalam hubungan interpersonal, tanpa harus melukai orang lain. stimulasi merupakan rangsangan yang dapat diberikan oleh orang dewasa kepada anak Usia Dini yang berada di sekitarnya. Sedangkan program stimulasi yang bisa diberikan kepada anak Usia Dini untuk mengembangkan keterampilan sosialnya antara lain : (a) kenal diri, (b) kenal emosi, (c) empati, (d) simpati, (e) berbagi, (f) negosiasi, (g) menolong, (h) kerjasama, dan (i) bersaing.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

fascho

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Fascho is a scientific journal published by Muhammadiyah School of Teacher Training and Education Bogor. The journal is published biannually in April and October. Fascho aims to accommodate ideas, research results produced by practitioners, thinkers, and experts in the fields of education and ...