Innovation in Research of Informatics (INNOVATICS)
Vol 1, No 1 (2019): Maret 2019

Penerapan Model Vogel Approximation Method Untuk Optimalisasi Rute Perbaikan Access Point Berdasarkan Biaya (Studi Kasus PT XYZ)

Muhammad Anwari (Unknown)
Husni Mubarok (Universitas Siliwangi)
Heni Sulastri (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2019

Abstract

Kebutuhan internet pada masa sekarang menjadi kebutuhan utama. Perusahaan penyedia internet seperti PT. XYZ memiliki ribuan produk access point, seiring banyaknya pelanggan yang memakai produk access point maka semakin banyak juga produk yang harus dipelihara agar meningkatkan kepuasan pelanggan. Permasalahan yang dihadapi seperti penyebaran teknisi ke tempat gangguan access point dan menemukan biaya transportasi seminimum mungkin. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menemukan cara pengiriman teknisi dari tempat teknisi ke tempat gangguan sehingga semua kebutuhan terpenuhi tetapi dengan biaya yang seminimum mungkin. Metode yang digunakan untuk memecahkan masalah ini adalah metode transportasi Vogel Approximation Method (VAM), metode VAM lebih rumit dalam hal penyelesaian masalahnya tetapi lebih menghasilkan biaya minimum. Diperoleh hasil 58 (ribuan) untuk biaya transportasi setelah diterapkannya metode VAM. Hasil ini diperoleh dari kasus access point rusak dan memiliki status down yang berjumlah 7 access point dari dua area berbeda. Untuk data teknisi sendiri dimisalkan 7 teknisi dari dua area berbeda. Metode VAM diterapkan pada perangkat lunak berbasis web, pada pengujian white box perangkat lunak ini menunjukkan prosedur kompleksitas program yang baik dan resiko yang rendah dengan rata – rata nilai cyclomatic complexity kurang dari 10.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

innovatics

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Innovation in Research of Informatics (Innovatics) merupakan Jurnal Informatika yang bertujuan untuk mengembangkan penelitian di bidang: Machine Learning Computer Vision Internet of Things Information System and Technology Natural Language Processing Image Processing Network Security Geographic ...