cover
Contact Name
Alam Rahmatulloh
Contact Email
alam@unsil.ac.id
Phone
+6285223519009
Journal Mail Official
innovatics@unsil.ac.id
Editorial Address
Program Studi Informatika Fakultas Teknik Universitas Siliwangi Jl. Siliwangi No. 24 Tasikmalaya, Jawa Barat
Location
Kota tasikmalaya,
Jawa barat
INDONESIA
Innovation in Research of Informatics (INNOVATICS)
Published by Universitas Siliwangi
ISSN : -     EISSN : 26568993     DOI : -
Innovation in Research of Informatics (Innovatics) merupakan Jurnal Informatika yang bertujuan untuk mengembangkan penelitian di bidang: Machine Learning Computer Vision Internet of Things Information System and Technology Natural Language Processing Image Processing Network Security Geographic Information System Knowledge based Computer Graphic Cyber Security IT Governance Data Mining Game Development Digital Forensic Business Intelligence Pattern Recognization Virtual & Augmented Reality Virtualization Enterprise Application Self-Adaptive Systems Human Computer Interaction Cloud Computing Mobile Application Innovatics adalah jurnal peer-review yang ditulis dalam bahasa Indonesia yang diterbitkan dua kali dalam setahun mulai dari Vol. 1 No.1 Maret 2019 (Maret, dan September) dengan proses peninjauan menggunakan double-blind review.
Articles 52 Documents
Penerapan Model Vogel Approximation Method Untuk Optimalisasi Rute Perbaikan Access Point Berdasarkan Biaya (Studi Kasus PT XYZ) Muhammad Anwari; Husni Mubarok; Heni Sulastri
Innovation in Research of Informatics (INNOVATICS) Vol 1, No 1 (2019): Maret 2019
Publisher : Informatika Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/innovatics.v1i1.680

Abstract

Kebutuhan internet pada masa sekarang menjadi kebutuhan utama. Perusahaan penyedia internet seperti PT. XYZ memiliki ribuan produk access point, seiring banyaknya pelanggan yang memakai produk access point maka semakin banyak juga produk yang harus dipelihara agar meningkatkan kepuasan pelanggan. Permasalahan yang dihadapi seperti penyebaran teknisi ke tempat gangguan access point dan menemukan biaya transportasi seminimum mungkin. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menemukan cara pengiriman teknisi dari tempat teknisi ke tempat gangguan sehingga semua kebutuhan terpenuhi tetapi dengan biaya yang seminimum mungkin. Metode yang digunakan untuk memecahkan masalah ini adalah metode transportasi Vogel Approximation Method (VAM), metode VAM lebih rumit dalam hal penyelesaian masalahnya tetapi lebih menghasilkan biaya minimum. Diperoleh hasil 58 (ribuan) untuk biaya transportasi setelah diterapkannya metode VAM. Hasil ini diperoleh dari kasus access point rusak dan memiliki status down yang berjumlah 7 access point dari dua area berbeda. Untuk data teknisi sendiri dimisalkan 7 teknisi dari dua area berbeda. Metode VAM diterapkan pada perangkat lunak berbasis web, pada pengujian white box perangkat lunak ini menunjukkan prosedur kompleksitas program yang baik dan resiko yang rendah dengan rata – rata nilai cyclomatic complexity kurang dari 10.
Pemodelan Data Mining Decision Tree Dengan Classification Error Untuk Seleksi Calon Anggota Tim Paduan Suara Patmi Kasih
Innovation in Research of Informatics (INNOVATICS) Vol 1, No 2 (2019): September 2019
Publisher : Informatika Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/innovatics.v1i2.918

Abstract

Proses penerimaan anggota baru dalam suatu tim membutuhkan kejelasan kriteria penilaian dan ketepatan proses dalam penilaiannya. Demikian juga yang diinginkan oleh Pembina Tim Paduan Suara Harmoni Nusantara di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Selama ini proses seleksi penerimaan anggota tim dilakukan secara konvensional dengan wawancara dan tes suara secara langsung. Untuk memutuskan seorang peserta seleksi diterima atau tidak, tim pembina harus melakukan diskusi yang tidak jarang terjadi membawa perselisihan antar pembina saat peserta yang satu mempunyai hasil yang sama atau berimbang dengan peserta seleksi yang lain. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem (aplikasi) dengan implementasi algoritma tertentu yang dapat membantu dalam melakukan proses seleksi anggota baru. Untuk mewujudkan sistem yang direncanakan dilakukan pemodelan algoritma decision tree dengan konsep classification error untuk menganalisa algoritma yang cocok untuk dijadikan algoritma bantu dalam pengambilan keputusan. Pemodelan decision tree dengan konsep classification error dilakukan dengan data trainng sejumlah 60 record dengan atribut input gender, interprestasi, teknik, penampilan, komitmen, oktaf. Kelas target yang ditentukan adalah diterima atau tidak diterima. Berdasarkan pemodelan yang dilakukan diperoleh pohon keputusan yang menghasilkan 5 (lima) rule’s base yang mengcover semua record pada data training. Sehingga dapat disimpulkan bahwa decision tree dengan konsep classification error dapat digunakan sebagai algoritma bantu yang akan diimplementasikan dalam sistem (aplikasi) bantu seleksi anggota baru Tim Paduan Suara Harmoni Nusantara pada Univeritas Nusantara PGRI Kediri yang direncanakan.
Penentuan Jalur Terpendek menggunakan Google Maps API pada Sistem Informasi Geografis (SIG) Panti Sosial di Kota Tasikmalaya Hariska Paunsyah; Husni Mubarok; Rahmi Nur Shofa
Innovation in Research of Informatics (INNOVATICS) Vol 1, No 1 (2019): Maret 2019
Publisher : Informatika Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/innovatics.v1i1.665

Abstract

Persoalan lintasan terpendek dapat diselesaikan dengan berbagai macam algoritma, salah satunya algoritma dijkstra. Algoritma ini menghitung bobot terkecil tiap-tiap titik sehingga tercapai nilai terkecil dari titik awal ke titik tujuan, pada penelitian ini algoritma dijkstra dipakai untuk menghitung jarak terdekat dari tempat donatur ke panti sosial yang ada di Kota Tasikmalaya. Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan cara untuk memberikan informasi data panti sosial dan menentukan rute terpendek algoritma Dijkstra. Metode yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak adalah berbasis Object Oriented Programming, metodologi pengembangan perangkat lunak yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas perangkat lunak dan tanggap terhadap perubahan kebutuhan pelanggan yang dimaksud adalah Extreme Programing. Tujuan dari penelitian ini adalah pembuatan Sistem Informasi Geografis (SIG) yang memudahkan dalam mengetahui serta mendapatkan informasi yang akurat keberadaan Panti Sosial yang akan dituju dengan menggunakan jalur terpendek dari algoritma Dijkstra.
Sistem Informasi Pelayanan Medis Pada Pasien di Klinik Insani Citeureup Berbasis Java Rina Deviana Alit; Meri Chrismes Aruan; Andri Rahadyan
Innovation in Research of Informatics (INNOVATICS) Vol 2, No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : Informatika Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/innovatics.v2i1.1412

Abstract

The purpose of this research is to design a medical service information system for Java-based human citeureup clinical patients to accelerate and manage patient data, search for medical service information systems and to produce medical service information systems in Java-based human clinical clinics. The research method used by researchers is a qualitative research method that is research on research conducted descriptive and using analysis. The results obtained were about medical service information systems to assist in processing patient data. The construction of this information system is expected to facilitate and provide maximum service to patients as well as facilitate the processing of transaction data for reporting, data and information management processes become more effective, produce faster output and no longer use incorrect data input or require duplication of data.
Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode Simple Additve Weighting (SAW) untuk Prediksi Anggaran Biaya Wisata Yhogi Andianggara; Rohmat Gunawan; Aldy Putra Aldya
Innovation in Research of Informatics (INNOVATICS) Vol 1, No 1 (2019): Maret 2019
Publisher : Informatika Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/innovatics.v1i1.684

Abstract

Memprediksi anggaran perencanaan biaya wisata merupakan salah satu aktivitas yang harus dilakukan sebelum melakukan perjalanan wisata, sehingga kegiatan perjalanan wisata tidak mempengaruhi stabilitas keuangan dan anggaran tersebut dapat digunakan sebagai referensi untuk melakukan tour berikutnya. Pembuatan prediksi anggaran biaya perjalanan wisata tidak mudah dilakukan dan membutuhkan pertimbangan beberapa faktor, serta melibatkan proses perhitungan. Agar prediksi akurat dari anggaran biaya perjalanan wisata dapat dilakukan, diusulkan untuk menerapkan sistem pendukung keputusan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Algoritma SAW digunakan dalam penelitian ini karena dapat memberikan alternatif prediksi anggaran perjalanan terbaik berdasarkan peringkat informasi anggaran yang ada. Hasil percobaan pada penelitian menunjukkan bahwa, penerapan metode SAW dengan menggunakan 3 parameter (total biaya anggaran, lama liburan, jumlah orang) serta proses penyaringan (filterisasi) pada data anggaran yang telah tersimpan berdasarkan parameter tujuan objek wisata, dapat memberikan alternatif prediksi anggaran perjalanan wisata terbaik.
Sistem Pakar Menentukan Maksimal Kalori Harian Berbasis Mobile Teddy Santya; Cosmas Eko Suharyanto; Pastima Simanjuntak; Alex Alfandianto
Innovation in Research of Informatics (INNOVATICS) Vol 1, No 2 (2019): September 2019
Publisher : Informatika Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/innovatics.v1i2.920

Abstract

The study was conducted because of many concerning event happened in purpose of losing weight in improper methods. By the flow of time with technologies developed in this century, Smartphone became one of necessity because of the feature by many applications which helps a lot in our everyday life of humanity. The Researcher conducted this research of mobile-based application expert system which helps people properly losing their weight, this expert system is a supporting utility for taking care of dietary habit based on the amount of calorie limit calculated by this system, and recommends suitable and healthy food for users. This system is built with React Native framework. The calculation in this system is based on information of weight, height, and age provided by users, and all prediction will not be done without the provided information and every calculation is handled by web-based server-side processing which is developed using Laravel Framework. Inference method used by the researcher is Forward Chaining. This expert system will validate user's requirement to start working on losing weight by using Forward Chaining Inference method. Every successfully registered user will be able to view their calculated information by this system which is maximum calorie value, and list of healthy and recommended foods information provided by the expert herself. From the test results, the Expert System can solve the problem of giving a way to run a proper diet program by adjusting the diet with the calories needed.
Websocket untuk Optimasi Kecepatan Data Transfer pada Real Time Chatting Asep Rizki Maulana; Alam Rahmatulloh
Innovation in Research of Informatics (INNOVATICS) Vol 1, No 1 (2019): Maret 2019
Publisher : Informatika Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/innovatics.v1i1.667

Abstract

Bentuk komunikasi yang sedang menjadi trending saat ini adalah bertukar pesan atau chatting. Chatting sendiri memanfaatkan teknologi berkirim pesan secara real time menggunakan teks melalui jaringan internal. Metode chatting dimulai dari synchronous sampai sekarang Asynchronous JavaScript and XML (AJAX). AJAX memiliki dua metode yaitu polling dan long polling. Long polling memiliki permasalahan yaitu, request data dari server secara terus-menerus apabila hanya satu client yang melakukan request berulang seperti itu, mungkin tidak masalah, akan tetapi apabila ada beberapa client yang mengakses satu server dan berulangkali melakukan metode Polling maka, server akan jadi sibuk dan rentan terkena serangan DDOS. Sehingga untuk memecahkan masalah tersebut dibuatlah protokol yang menyediakan saluran komunikasi full-duplex melalui koneksi TCP tunggal yang biasa disebut websocket. WebSocket merupakan bagian dari HTML5 yang menghadirkan pengurangan besar dalam lalu-lintas jaringan yang tidak penting dan latency, dibandingkan dengan solusi polling dan long-polling yang telah digunakan untuk mensimulasikan koneksi dua arah dengan cara menjaga dua koneksi tetap terhubung. Oleh karena itu, penelitian ini dibuat untuk melakukan perbandingan antara websocket dan ajax, dengan hasil akhir menunjukan persentase transmit data network ajax 90,37% dan websocket 9,63% serta receive data network untuk ajax 94,88% dan websocket 5,12%.
Evaluasi Implementasi E-learning dengan Metode Hot Fit Model Tri Lestariningsih; Budi Artono; Yosi Afandi
Innovation in Research of Informatics (INNOVATICS) Vol 2, No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : Informatika Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/innovatics.v2i1.1342

Abstract

Implementasi e-learning dalam proses pembelajaran saat ini diterapkan pada lembaga pendidikan. Perguruan tinggi salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan E-learning  dalam proses pembelajaran, namun belum banyak perguruan tinggi yang melakukan evaluasi terhadap implementasi e-learning.  Evaluasi terhadap implementasi e-learning itu sangat perlu dilakukan untuk menilai implementasi e-learning berdasarkan pada kepuasan pengguna e-learning tersebut. Metode yang digunakan untuk mengevaluasi implementasi e-learning di perguruan tinggi menggunakan hot fit model dengan hasil evaluasi implementasi e-learning adalah pandangan pengguna terhadap aspek teknologi adalah variabel kualitas sistem (KS), kualitas layanan (KL) dan variabel  kualitas informasi (KI) berpengaruh positif terhadap penggunaan sistem (HM). Kualitas sistem (KS), Kualitas layanan (KL) dan kualitas informasi (KI) berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna (KP), dan jika dilihat dari sudut pandang terhadap aspek manusia dalam hal ini pengguna itu sendiri, dapat terlihat bahwa variabel kepuasan pengguna (KP) berpengaruh positif terhadap penggunaan sistem (HM) dan  variabel kepuasan pengguna (KP) berpengaruh positif terhadap manfaat (NB).
Sistem Kendali dan Monitoring Pada Rumah Pintar Berbasis Internet of Things (IoT) Ruuhwan Ruuhwan; Randi Rizal; Indra Karyana
Innovation in Research of Informatics (INNOVATICS) Vol 1, No 2 (2019): September 2019
Publisher : Informatika Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/innovatics.v1i2.877

Abstract

The Smart Home system consists of control, monitoring and automation devices that can be accessed from anywhere as long as there is an internet connection. In Smart Home, several devices or home appliances that can be accessed through android-based applications such as temperature monitoring, gas intensity, fire identification and automatic monitoring of door conditions. This research aims to design and create a smart home system based on the IoT concept. The research methodology uses an experimental methodology. The design of this system is made using an Android smartphone, Arduino microcontroller, Ethernet shield, relay module, fire sensor, temperature sensor (LM35), gas sensor (MQ6), and magnetic sensor. The results of this study are monitoring and control systems on smart homes by utilizing an already available Web service called Teleduino. This web service functions as an intermediary between an Android device and the Arduino microcontroller. The Arduino Microcontroller requires an additional device called the Ethernet Shield to connect Arduino to the Internet that is connected directly to the Teleduino web service.
Perancangan Game Matematika Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android Yulia Yulia
Innovation in Research of Informatics (INNOVATICS) Vol 1, No 2 (2019): September 2019
Publisher : Informatika Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/innovatics.v1i2.929

Abstract

One technology that is developing very rapidly now is information technology and mobile communication (mobile). Mathematics is a science that is widely used in everyday life such as used in trade transactions, carpentry, and so forth. But unfortunately mathematics is considered a difficult subject to understand and is considered terrible by some students who do not like the subject. Like what happened at 004 Batu Aji State Elementary School in Batam. In addition, learning techniques are a bit rigid, because they only come from textbooks. Therefore an educational game was made by incorporating elements of mathematics learning in it to make it look interesting and increase students' interest in learning mathematics. The game to be built is an android-based math education game for grade 2 elementary school students. The variable indicators used are addition, subtraction, multiplication, division, and image installation. By incorporating elements of learning in it, the game can be used as an instructional system using mobile devices. The purpose of this study is to apply and develop mathematics learning media in the form of an android-based educational game in the hope that it can improve the ability to count quickly, add insight and memory to students. From the survey results obtained from elementary school student questionnaire 93.4% were satisfied with the Android-based mathematics education game application that was designed.