Medfarm: Jurnal Farmasi dan Kesehatan
Vol 9 No 1 (2020): MEDFARM : JURNAL FARMASI DAN KESEHATAN

UJI ANGKA LEMPENG TOTAL, ANGKA KAPANG KHAMIR, DAN Most Probable Number (MPN) Coliform TERHADAP SAYAP LALAT RUMAH (Musca Domestica)

Ulfa Nur Maa’idah (AKAFARMA SUNAN GIRI PONOROGO)
Charlis Palupi (AKAFARMA SUNAN GIRI PONOROGO)
Lina Sulis Setyawati (AKAFARMA SUNAN GIRI PONOROGO)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2020

Abstract

Latar belakang: Lalat rumah (Musca Domestica) merupakan hewan yang membawa bakteri tertentu contohnya Escherichia coli dan Salmonella. Biasanya bakteri ini terdapat di bagian tubuh lalat rumah yaitu pada kaki, badan, dan sayap. Tujuan: Untuk mengetahui perbedaan jumlah mikroba pada aquadest steril yang telah ditambahkan sayap kanan lalat rumah, sayap kiri lalat rumah dan sayap kanan dan kiri lalat rumah. Metode: Populasi dalam penelitian ini adalah lalat rumah (Musca Domestica), sampel sayap lalat rumah diambil dengan teknik Simple Random Sampling selanjutnya dilakukan uji ALT, AKK, dan MPN Coliform, untuk mengetahui perbedaan jumlah mikroba pada masing-masing sayap lalat rumah Hasil: Pengujian jumlah ALT sampel I (Sayap kiri), 93 x 10-1 koloni/ml, sampel II (Sayap kanan), 87,5 x 10-1 koloni/ml, dan sampel III (Sayap kanan kiri), 246,5 x 10-2 koloni/ml, pengujian AKK sampel I (Sayap kiri), 47,5 x 101 koloni/ml, sampel II (Sayap kanan), 6,75 x 101 koloni/ml, dan sampel III (Sayap kanan kiri), 49,75 x 101 koloni/ml. Pengujian MPN Coliform sampel I (Sayap kiri), >2400 MPN/100ml, sampel II (Sayap kanan), >2400 MPN/100ml, Sampel III (Sayap kanan kiri), >2400 MPN/100ml. Simpulan dan Saran: Hasil penelitian menujukkan bahwa sayap kanan mempunyai jumlah mikroba lebih sedikit dibandingkan dengan sayap kiri, dan sayap kanan kiri. Sehingga perlu dilakukan pengujian lebih lanjut untuk mengetahui bakteri apa yang terdapat pada masing-masing sayap lalat rumah (Musca Donestica) sehingga mempengaruhi perbedaan jumlah mikroba pada masing-masing sayap tersebut.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

medfarm

Publisher

Subject

Chemistry Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Jurnal MEDFARM merupakan terbitan dari lembaga jurnal dibawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Akademi Analis Farmasi dan Makanan Sunan Giri Ponorogo. Topik atau pembahasan dari Jurnal MEDFARM lebih terfokus pada bidang Farmasi, Obat Tradisional, Makanan, Minuman dan ...