Sentra Cendekia
Vol 1 No 2 (2020)

Upaya Meningkatkan Rasa Empati Anak melalui Bermain Peran pada Kelompok B di RA Al Rodliyah Watuaji Keling Jepara

Dewi Rofiā€™ah (Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia)
Siti Maemunah (Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia)
Irna Anjarsari (Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2020

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah melalui bermain peran dapat meningkatkan rasa empati anak kelompok B RA Al Rodliyah Watuaji Keling Jepara? Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah seluruh peserta didik kelompok B RA Al Radliyah Watuaji Keling Jepara yang berjumlah 12 anak tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian tindakan kelas: Diketahui bahwa kreativitas pada anak mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Peningkatan dapat terlihat dari kondisi pra tindakan anak yang berada pada kriteria berkembang sesuai harapan hanya 39,6% setelah dilakukan tindakan yaitu siklus I anak yang berada pada kriteria berkembang sesuai harapan mencapai 50,1% dan setelah dilakukan tindakan yang lebih lanjut pada siklus II mencapai kriteria berkembang sangat baik sebesar 76,4%. Berdasarkan hasil pembahasan maka dapat diambil kesimpulan bahwa setelah melalui rangkaian kegiatan pada siklus 1 dan 2. Melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 kali siklus dan setiap siklusnya dilakukan tiga kali pertemuan untuk meningkatkan rasa empati pada anak melalui kegiatan bermain peran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Jsc

Publisher

Subject

Education

Description

The focus of Sentra Cendekia is research, study, and analysis that related to early childhood ...