Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 1, No 2 (2020)

PENGARUH METODE MUQATHA’AH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH PERSIAPAN 04 MEDAN

Fadhila, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2020

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode muqatha’ah terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Persiapan Negeri 04 Medan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, metode eksperimen ini dapat diartikan sebagai metode yang digunakan untuk mencari pengaruh ataupun perbedaan perlakuan tertentu terhadap suatu hal dalam kondisi yang terkendali. Populasi dalam penelitian ini diambil dari seluruh kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Persiapan Negeri 04 medan sebanyak 138 orang siswa. sedangkan sample yang diambil adalah sebanyak 32 siswa dari kelas VIII-1 dan VIII-2. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara metode muqatha’ah terhadap hasil belajar hal ini dapat dilihat dari korelasi product moment person dengan table nilai “r” pada taraf signifikan 5% maka diperoleh = 0,495 lebih besar dari pada  yaitu =0,388. Maka dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh positif antara metode muqatha’ah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Persiapan Negeri 04 Medan.”Kata Kunci: Metode Muqatha’ah, Hasil Belajar, Al-qur’an Hadis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...