E-JURNAL JUSITI : Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi
Vol 9 No 1 (2020): e-Jurnal JUSITI

Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Kerangka Manusia Berbasis Android

Alders Paliling (Unknown)
Asrul Syam (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2020

Abstract

Salah satu materi yang diajarkan dalam matapelajaran IPA yaitu tentang kerangka manusia. Dalam proses pembelajaran kerangka manusia, guru menggunakan alat peraga berupa model kerangka manusia. Dengan perkembangan teknologi, penggunaan model kerangka manusia dapat digantikan dengan model digital. Model kerangka manusia dapat rusak baik dengan sengaja maupun dengan tidak sengaja dikarenakan termakan usia. Metode yang tepat untuk mengganti model kerangka manusia kedalam bentuk digital ialah dnegan menggunakan teknologi Augmented Reality, dimana teknologi Augmented Reality mampu memproyeksikan objek 3 dimensi kedalam dunia nyata seara langsung. penggunaan teknologi augmented reality kian marak digunakan dalam dunia pendidikan, kesehatan, penjualan, dan wisata. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini ialah aplikasi dapat memproyeksikan objek 3 dimensi dari kerangka manusia yang dibagi menjadi 4 bagian yaitu tengkorak, tulang belakang dan tulang rusuk, tulang alat gerak atas dan tulang alat gerak bawah keatas marker. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, maka disimpulkan bahwa jarak yang baik dalam mengidentifikasi marker antara smartphone dengan marker adalah pada jarak antara 2-6 inchi dan kemiringan marker terhadap smartphone adalah 00-600.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jusiti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi ini merupakan jurnal berkala yang ditujukan untuk mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian, pengembangan dan studi pustaka di bidang Sistem dan Teknologi Informasi serta aplikasinya. Jurnal ini dipublikasikan dalam bentuk jurnal cetak dengan ISSN ...