Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia

PEMBELAJARAN SASTRA: BERBAGAI KENDALA DALAM BERMAIN DRAMA BAGI MAHASISWA

Safinatul Hasanah Harahap (Unknown)
Dadang Sunendar (Unknown)
Sumiyadi Sumiyadi (Unknown)
Vismaia S. Damaianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2020

Abstract

Pembelajaran sastra dapat digunakan sebagai media dalam membentuk pola pikir dan karakter mahasiswa. Drama merupakan jenis dari sastra yang dipelajari sebagai bagian dari materi sastra. Memerankan tokoh dalam drama memiliki kesulitan yang berbeda pada setiap pemain. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan berbagai kendala yang dialami pemeran tokoh dalam drama saat melakukan pertunjukan drama dari sudut pandang mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dari wawancara yang dilakukan pada 61 mahasiswa yang mengampu mata kuliah dengan materi bermain drama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala bermain drama berasal dari faktor internal (rasa percaya diri, konsentrasi, dan motivasi) dan faktor eksternal (penemuan karakter tokoh drama, pelaksanaan proses latihan, dan penerapan kerja sama tim).Kata kunci: pembelajaran sastra, drama, bermain drama

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

basastra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT ...