Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Unversitas Muhammadiyah Aceh
Vol 7, No 1, April (2020)

KONTRIBUSI PENGETAHUAN AYAT-AYAT KAWNIYAH TERHADAP SELF-CONFIDENCE SISWA (Suatu Kajian Pengintegrasian Ayat-Ayat Kawniyah dalam Pembelajaran Matematika di SMA Kota Banda Aceh)

Bainuddin Yani (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujaun untuk mengkaji tentang pengintegrasian ayat-ayat kawniyah dalam pembelajaran matematika, kontribusi pengetahuan siswa pada ayat kawniyah terhadap self-confidence mereka, serta ada tidaknya korelasi yang positif antara pengetahuan siswa pada ayat-ayat kawniyah dan self-confidence mereka. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis one-shot case study. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI SMAN Kota Banda Aceh dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas XI SMAN 7 dan SMAN 13 Banda Aceh. Data dikumpulkan melalui angket ayat-ayat kawniyah dan self-confidence yang dianalisis secara deskriptif dan pengujian korelasi melalui uji-t. Hasil analisis data  diperoleh bahwa (1) Pengetahuan siswa pada ayat-ayat kawniyah berkontribusi terhadap self-confidence sebesar 10,84% dan (2) Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara pengetahuan siswa pada ayat-ayat kawniyah dan self-confidence. Berdasarkan temuan ini, guru matematika diharapkan selalu mengintegrasikan ayat-ayat kawniyah dalam pembelajaran matematika sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh is an open-access based on journal that contributes to improve the scientific treasures. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan and pembelajaran for researchers, professionals, lecturer, and ...