Latar Belakang: Pola asuh orangtua permisif yaitu bentuk pola asuh dimana terdapat aspek-aspek kontrol yang sangat longgar terhadap anak, hukuman dan hadiah tidak pernah diberikan semua keputusan di serahkan kepada anak orang tua bersikap masa bodoh dan pendidikan bersifat bebas, sedangkan perkembangan anak usia 4-6 tahun salah satunya dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Fenomena yang terjadi sekarang ini sering kita lihat anak menggunakan gadget dan orangtua membiarkan saja tanpa memberi batasan waktu. Anak yang menggunakan gadget akan mengalami penurunan dalam bersosialisasi dan mengatur emosi sehingga anak menjadi tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya, lebih ironis lagi anak tidak bisa menghormati orangtua. Tujuan Penelitian: Mengetahui Hubungan Tipe Pola Asuh Orang tua Permisif Dengan Perkembangan Emosional Anak Usia 4-6 Tahun Yang menggunakan Gadget di TK Barunawati Banjarmasin Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan design deskriptif korelasional menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan di TK Barunawati Banjarmasin. Sampel di ambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 51 responden. Pengumpulan data menggunakan metode kuisioner. Analisa data menggunakan analisis uji spearman rank pada α = 0,05. Hasil: Dari 51 responden terdapat 18 responden (35,3%) yang pola asuh permisif kurang. Perkembangan emosional anak usia 4-6 tahun yang menggunakan gadget dari 51 responden yang menunjukan perkembangan emosional cukup sebanyak 16 responden (31,4%). Koefisien korelasi spearman rank menunjukan sigifikasi < 0,05 yaitu p= 0,470 Kesimpulan: Ada hubungan antara pola asuh orang tua permisif dengan perkembangan emosional anak usia 4-6 tahun yang menggunakan gadget.
Copyrights © 2018