Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis
Vol. 1 No. 2 (2017): JURNAL APLIKASI MANAJEMEN, EKONOMI DAN BISNIS

Strategi Marketing Communications PT. PELNI Cabang Surabaya Dalam Membangun Brand Awareness melalui Event Tour Let’s Go To

Achmad sholihin (STIE YAPAN Surabaya)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini memberikan deskripsi mengenai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT. PELNI Cabang Surabaya dalam membangun brand awareness melalui event” Tour Let’s Go to”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Dalam melakukan teknik pengumpulan data, peneliti melakukan wawancara mendalam, observasi pada saat event dan data-data lain (dokumentasi, data dari PT. PELNI Cabang Surabaya). Peneliti menemukan bahwa PT. PELNI Cabang Surabaya telah melakukan delapan tahapan strategi komunikasi pemasaran yang efektif, yakni mengidentifikasi audiens sasaran, menentukan tujuan komunikasi, merancang pesan, memilih saluran komunikasi, menentukan total anggaran komunikasi, menetapkan bauran promosi, mengukur hasil promosi, serta mengelola dan mengkoordinasikan proses komunikasi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa divisi Pemasaran dan Penjualan Jasa PT. PELNI Cabang Surabaya melakukan riset secara terstruktur dalam mengukur hasil promosi. Selain itu, evaluasi event juga dilakukan secara formal setelah pelaksanaan program wisata bahari. Dalam hal ini, evaluasi menjadi poin penting bagi divisi Pemasaran dan Penjualan Jasa PT. PELNI Cabang Surabaya untuk dijadikan acuan bagi perbaikan event” Tour Let’s Go to” yang akan dilaksanakan di tujuan wisata berikutnya

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JAMEB

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Issues of management, economics, and business have become a hot topic to be discussed and deliberated in this ever changing business world. Therefore, we need a vehicle to accommodate such issues. Based on this background, JAMEB was established to be a forum for discussion of high impact research ...