cover
Contact Name
Muhammad Amsal Sahban
Contact Email
amsalsahban@gmail.com
Phone
+6281284486450
Journal Mail Official
jameb@stimlasharanjaya.ac.id
Editorial Address
Jl. Abdullah Daeng Sirua No. 106, Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 25411438     EISSN : 25500783     DOI : https://doi.org/10.51263/jameb.v5i2
Issues of management, economics, and business have become a hot topic to be discussed and deliberated in this ever changing business world. Therefore, we need a vehicle to accommodate such issues. Based on this background, JAMEB was established to be a forum for discussion of high impact research covering multiple areas in economics, business, and social sciences. This journal is open for academicians, case writers, practitioners, independent researchers, and other stakeholders. The journal covers a wide range of areas in business, social and behavioral sciences. It considers articles written in all areas of business, arts, humanities, behavioral sciences in emerging economies including but not limited to management sciences, psychology, sociology, media studies, linguistics, literature, history. The journal also covers entrepreneurship, marketing, strategic management, organizational behavior, international business, and ethics. FOCUS AND SCOPE Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis is a peer-reviewed journal that publishes scientific articles that are the results of original scientific research from various academics and researchers that have not been published elsewhere. The article should be in the area of: 1.Human Resource Management 2.Financial Management 3.Marketing Management 4.Entrepreneurship 5.Economics development
Articles 116 Documents
Pengaruh Brand Image dan Product Knowledge terhadap Purchase Intention dengan Green Price sebagai Moderating Variabel pada Produk the Body Shop di Surabaya Ira Ningrum Resmawa
Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2017): JURNAL APLIKASI MANAJEMEN, EKONOMI DAN BISNIS
Publisher : STIM LASHARAN JAYA MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The focus of this research is to determine The Effect of Brand Image and Product Knowledge on Purchase Intention Moderated by Green Price the Body Shop Product in Surabaya. The results suggest that brand image has a significant influence on purchase intention The Body Shop product. Product knowledge has a significant influence on purchase intention on the The Body Shop Product. Green Price was not able to significantly moderate the effect of product knowledge on purchase intention The Body Shop Product. Green Price was shown to negatively moderate the influence of brand image on purchase intention, but not able to moderate the influence of product knowledge on purchase intention.
Strategi Marketing Communications PT. PELNI Cabang Surabaya Dalam Membangun Brand Awareness melalui Event Tour Let’s Go To Achmad sholihin
Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2017): JURNAL APLIKASI MANAJEMEN, EKONOMI DAN BISNIS
Publisher : STIM LASHARAN JAYA MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini memberikan deskripsi mengenai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT. PELNI Cabang Surabaya dalam membangun brand awareness melalui event” Tour Let’s Go to”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Dalam melakukan teknik pengumpulan data, peneliti melakukan wawancara mendalam, observasi pada saat event dan data-data lain (dokumentasi, data dari PT. PELNI Cabang Surabaya). Peneliti menemukan bahwa PT. PELNI Cabang Surabaya telah melakukan delapan tahapan strategi komunikasi pemasaran yang efektif, yakni mengidentifikasi audiens sasaran, menentukan tujuan komunikasi, merancang pesan, memilih saluran komunikasi, menentukan total anggaran komunikasi, menetapkan bauran promosi, mengukur hasil promosi, serta mengelola dan mengkoordinasikan proses komunikasi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa divisi Pemasaran dan Penjualan Jasa PT. PELNI Cabang Surabaya melakukan riset secara terstruktur dalam mengukur hasil promosi. Selain itu, evaluasi event juga dilakukan secara formal setelah pelaksanaan program wisata bahari. Dalam hal ini, evaluasi menjadi poin penting bagi divisi Pemasaran dan Penjualan Jasa PT. PELNI Cabang Surabaya untuk dijadikan acuan bagi perbaikan event” Tour Let’s Go to” yang akan dilaksanakan di tujuan wisata berikutnya
Pengaruh Usability pada Kualitas Website Menggunakan Scanmic Model terhadap Minat Beli (Studi Kasus Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang) Diah Khusuma Hidayah; Syahputra Syahputra
Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2017): JURNAL APLIKASI MANAJEMEN, EKONOMI DAN BISNIS
Publisher : STIM LASHARAN JAYA MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh usability pada kualitas website menggunakan scanmic model terhadap minat beli (studi kasus jasa pariwisata Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang Kabupaten Bandung Barat). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana variabel usability pada kualitas website menggunakan Scanmic Model, variabel minat beli jasa pariwisata Terminal Wisata Grafika Cikole, dan pengaruh kedua variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausal. Dalam penelitian ini, sampel menggunakan rumus Bernoulli sehingga menghasilkan responden sebanyak 100 orang. Teknik sampling yang dipilih adalah non-probability sampling (puposive sampling). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara keseluruhan usability pada kualitas website berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli Terminal Wisata Grafika Cikole. Penelitian ini dimaksudkan dapat memberikan usulan kepada perusahaan yang terkait dan para ahli lainnya mengenai Pengaruh usability pada kualitas website menggunakan Scanmic Model Terhadap Minat beli.
Pengaruh Ukuran KAP, Return on Assets dan Loan to Deposit Ratio Terhadap Audit Report Lag Ingrid Panjaitan
Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2017): JURNAL APLIKASI MANAJEMEN, EKONOMI DAN BISNIS
Publisher : STIM LASHARAN JAYA MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Ukuran Kantor Akuntan Publik (KAP), Return on Assets, dan Loan to Deposit Ratio terhadap audit report lag. Populasi dalam kelompok penelitian ini ada 42 perusahaan, dengan periode pengamatan dari tahun 2010 sampai tahun 2014. Perusahaan yang memenuhi kriteria sampel ada sebanyak 26 perusahaan. Maka total data yang digunakan ada sebanyak 130 data. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial, variabel ukuran KAP, return on assets dan loan to deposit ratioberpengaruh negatif dan signifikan terhadap Audit Report Lag. Secara simultan variabel ukuran KAP, Return on Assets, dan Loan to Deposit Ratio berpengaruh signifikan terhadap Audit Report Lag.
Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terintegrasi terhadap Kesadaran Merek Pepsi Novena Allowcya Regina Caeli br. Tarigan; Syahputra syahputra
Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2017): JURNAL APLIKASI MANAJEMEN, EKONOMI DAN BISNIS
Publisher : STIM LASHARAN JAYA MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya persaingan bisnis di Indonesia yang bergerak di bidang industri minuman. Salah satunya adalah minuman berkarbonasi atau bersoda. Pepsi merupakan salah satu minuman berkarbonasi yang ada di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari Komunikasi Pemasaran Terpadu (X) terhadap Kesadaran Merek (Y). Metode penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian deskriptif & kasualitas. Populasi dari penelitian ini sebanyak 100 responden dari 24.955. Teknik sampling yang dipilih adalah non-probability sampling berdasarkan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat hubungan antara variabel Komunikasi Pemasaran Terpadu (X) dengan proses Kesadaran Merek (Y) pada konsumen. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi (R^2) menunjukkan bahwa besarnya pengaruh variabel Komunikasi Pemasaran Terpadu (X) terhadap variabel Kesadaran Merek (Y) adalah sebesar 58,9% sedangkan sisanya sebesar 41,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti di dalam penelitian ini.
Pengaruh Motivasi Terhadap Performansi Kerja Karyawan Muhammad Hertanto Putra; Rinandita Wikansari
Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2017): JURNAL APLIKASI MANAJEMEN, EKONOMI DAN BISNIS
Publisher : STIM LASHARAN JAYA MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu seberapa besar pengaruh motivasi terhadap performansi kerja karyawan. Penelitian ini menggunakan metode observasi penelitian lapangan dengan terjun langsung ke perusahaan yang bersangkutan, selanjutnya menyebarkan kuesioner kepada 50 karyawan perusahaan tersebut. Teknik pengolahan data menggunakan uji koefisien korelasi product moment antara variabel X (Motivasi) dengan variabel Y (Performansi) sebesar 0,876 dengan signifikansi 0,01 berarti terbukti pengaruhnya positif antara motivasi dan performansi kerja. Data hasil koefisien korelasi tersebut kemudian diolah kembali untuk mendapatkan nilai koefisien penentu yang pada akhirnya menghasilkan Kp = 76.8% yang berarti motivasi mempunyai pengaruh sebesar 76.8% terhadap performansi kerja karyawan. Pada hasil perhitungan F hitung diperoleh (8,20085) > F table (2,01063) artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian adanya pengaruh yang sangat kuat juga antara motivasi terhadap performansi kerja karyawan. Berdasarkan penelitian, motivasi berpengaruh positif terhadap performansi kerja karyawan maka dimasa yang akan datang diharapkan perusahaan mampu mempertahankan dan juga meningkatkan motivasi kepada para karyawan yang harus dilakukan dengan sebaik-baiknya.
Analisis Peranan Penilaian Persediaan Barang Dagang terhadap Laba pada PT. Fajar Lestari Abadi Makassar Rostiaty Yunus
Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2017): JURNAL APLIKASI MANAJEMEN, EKONOMI DAN BISNIS
Publisher : STIM LASHARAN JAYA MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The research was conducted at PT. Fajar Abadi Lestari Makassar is located at street Kima 4 Kav M / 2 Power Industrial Area, Makassar. Penelitian Biringkanaya was conducted for about 2 bulanyaitu began June-Juli.Metode analysis used in this research is quantitative descriptive method with which this technique can be interpreted as the inventory valuation method to compare with some of the methods can then be known which method is most appropriate to use in certain situations and conditions and their effect on profit improvement. Based on the results of research and discussion conducted by the author, the authors put forward some conclusions are as follows: Rating Merchandise Inventory is one of the factors that contribute to profits for the assessment of inventory appropriately, then the company can determine the value of the merchandise inventory as well as the magnitude cost of goods sold which will be presented in the financial statements, Assessment Inventory for the period from January to April has been implemented effectively by PT. Fajar Abadi Lestari Makassar, this can be seen from an increase in profits earned by the company when using the FIFO method during January. In assessing the merchandise inventory using the FIFO method the total profit earned during January to April is higher, it is due to an increase in prices. FIFO method will produce the lowest cost of sales, gross profit and net income and highest-highest ending inventory.
Audit Manajemen atas Fungsi Keuangan pada PT. Megahputra Sejahtera Makassar Djohariah Sarapa
Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2017): JURNAL APLIKASI MANAJEMEN, EKONOMI DAN BISNIS
Publisher : STIM LASHARAN JAYA MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk memahami dan mencari interprestasi sejauhmana audit manajemen atas fungsi keuangan dan untuk menilai pelaksanaan audit manajemen atas fungsi keuangan pada bagian keuangan (adminstrasi) pada PT. Megaputra Sejahtera Makassar. Audit manajemen atas fungsi keuangan yang dilakukan belum dapat berjalan secara efektif, efisien dan ekonomis. Hal ini disebabkan tidak adanya pengawasan dan monitoring yang memadai, sistematis serta berkala yang dapat menjamin proses kegiatan yang dilakukan tanpa penyimpangan. Tidak terpisahkan fungsi-fungsi yang memberi peluang dan memudahkan terjadinya penyimpangan disamping otoritas transaksi yang tidak konsisten dan masih terdapat pegawai yang memiliki tugas dan tanggung jawab tidak sesuai dengan latar belakang disiplin ilmunya,yang dapat menimbulkan efisiensi, efekstivitas dan ekonomis tidak tercapai. Hasil penelitian yang dilakukan hipotesis bertolak belakang dari penelitian yang dilakukan dalam arti kata audit manajemen atas fungsi keuangan belum memenuhi kriteria atau standar yang berlaku karena penelitian yang dilakukan masih banyak penyimpangan sehinggga menimbulkan audit manajemen kurang efektif dan efisien.
Tindakan Perataan Laba pada Perusahaan Perbankan Siti Masyithoh
Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2017): JURNAL APLIKASI MANAJEMEN, EKONOMI DAN BISNIS
Publisher : STIM LASHARAN JAYA MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pentingnya informasi laba sangat disadari oleh manajemen sehingga mendorong pihak manajemen untuk melakukan tindakan perataan laba. Hal ini dilakukan untuk mengurangi fluktuasi laba yang dilaporkan agar sesuai dengan target laba yang diinginkan juga untuk menaikkan nilai perusahaan di mata investor, kreditor, dan pihak lainnya yang berkepentingan dengan perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas,dan financialleverageterhadap tindakan perataan laba.Penelitian dilakukan pada 30 perusahaan perbankan terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2012-2014 menggunakan metode analisis regresi berganda.Hasil penelitian membuktikan ukuran perusahaan, profitabilitas,dan financial leverage berpengaruh terhadap tindakan perataan laba yang terbukti dengan nilai sigt dari masing-masing variabel yang menunjukkan nilai yang lebih rendahdarisignifikasi5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa laba tetap menjadi salah satu parameter yang digunakan untuk mengukur kinerja manajemen.
Pengaruh Profitabilitas terhadap Modal Kerja pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Achmad Agus Yasin Fadli
Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2017): JURNAL APLIKASI MANAJEMEN, EKONOMI DAN BISNIS
Publisher : STIM LASHARAN JAYA MAKASSAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari peneletian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara Profitabilitas baik secara parsial maupun simultan terhadap Modal Kerja pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 16 Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2008–2012, sedangkan sampel yang memenuhi kriteria dalam pengambilan sampel untuk penelitian ini adalah 11 Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode tahun 2008– 2012. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Profitabilitas, sedangkan variable dependennya adalah Modal Kerja. Data yang telah digunakan adalah data sekunder,yang diperoleh dari situs www.idx.co.id.Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis dengan metode analisis data yang terlebih dahulu dilakukan pengujian asumsi klasik sebelum melakukan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan uji t dan uji f. Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan program Software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens) 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Profitabilitas (ROA) tidak berpengaruh signifikan terhadap Modal Kerja. Profitabilitas (ROE) tidak berpengaruh signifikan terhadap Modal Kerja.Secara simultan, Profitabilitas (ROA danROE) tidak berpengaruh signifikan terhadap Modal Kerja pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Page 1 of 12 | Total Record : 116