Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang peluang dan tantangan dari pemasaran dengan media online sebagai daya pendorong perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Penelitian ini menggunakan pendekatan eksploratif deskriptif dan dikembangkan dengan menggunakan pendekatan kajian literatur atau studi pustaka. Pendekatan teori atau konsep dilakukan dengan merujuk pada grand theory komunikasi bisnis dengan gagasan yang ada digabungkan dalam satu susunan kerangka pemikiran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perkembangan teknologi dan bisnis pada UKM dapat meningkat dengan cepat, selain menjadi tantangan bagi dunia usaha juga menjadi peluang dan potensi yang sangat besar bagi peningkatan ekonomi dan bisnis. Pelaku usaha wanita harus bisa mengikuti tren perubahan dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk mendorong kegiatan bisnis sekaligus meningkatkan daya saing. Pelaku usaha harus bisa menciptakan perubahan dan inovasi baru tersebut untuk mampu menciptakan peluang dan pasar baru dengan memanfaatkan teknologi informasi dan perkembangan konvergensi media online sebagai komunikasi bisnis di tengah masyarakat era sekarang. Sisi lain, UKM harus didorong dengan beberapa kebijakan baik dari pemerintah ataupun usaha dari pelaku UKM sendiri dengan memanfaatkan budaya masyarakat tradisional (kearifan lokal) dan desain dan inovasi produk, memperkuat SDM, Pameran dan Memaksimalkan Peran Wanita serta memaksimalkan Implementasi kebijakan UKM.
Copyrights © 2019