Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis
Vol. 3 No. 2 (2019): JURNAL APLIKASI MANAJEMEN, EKONOMI DAN BISNIS

Analisis Media Online sebagai Komunikasi Bisnis pada UKM Pekerja Wanita di Gunung Mas, Kalimantan Tengah

Noorjaya Nahan (Universitas Palangka Raya)
Vivy Kristinae (Universitas Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang peluang dan tantangan dari pemasaran dengan media online sebagai daya pendorong perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Penelitian ini menggunakan pendekatan eksploratif deskriptif dan dikembangkan dengan menggunakan pendekatan kajian literatur atau studi pustaka. Pendekatan teori atau konsep dilakukan dengan merujuk pada grand theory komunikasi bisnis dengan gagasan yang ada digabungkan dalam satu susunan kerangka pemikiran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perkembangan teknologi dan bisnis pada UKM dapat meningkat dengan cepat, selain menjadi tantangan bagi dunia usaha juga menjadi peluang dan potensi yang sangat besar bagi peningkatan ekonomi dan bisnis. Pelaku usaha wanita harus bisa mengikuti tren perubahan dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk mendorong kegiatan bisnis sekaligus meningkatkan daya saing. Pelaku usaha harus bisa menciptakan perubahan dan inovasi baru tersebut untuk mampu menciptakan peluang dan pasar baru dengan memanfaatkan teknologi informasi dan perkembangan konvergensi media online sebagai komunikasi bisnis di tengah masyarakat era sekarang. Sisi lain, UKM harus didorong dengan beberapa kebijakan baik dari pemerintah ataupun usaha dari pelaku UKM sendiri dengan memanfaatkan budaya masyarakat tradisional (kearifan lokal) dan desain dan inovasi produk, memperkuat SDM, Pameran dan Memaksimalkan Peran Wanita serta memaksimalkan Implementasi kebijakan UKM.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JAMEB

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Issues of management, economics, and business have become a hot topic to be discussed and deliberated in this ever changing business world. Therefore, we need a vehicle to accommodate such issues. Based on this background, JAMEB was established to be a forum for discussion of high impact research ...