Tsaqafatuna: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
Vol 1 No 1 (2019): Ilmu Pendidikan Islam

STRATEGI MANAJEMEN DAN PERAN ALUMNI SEBAGAI MARKETING LEMBAGA PENDIDIKAN

Ahmad Bahrul Hayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan manajemenalumni, menggambarkan bagaimana strategi pelaksanaan manajemen, danmenjelaskan dampak dari pelaksanaan manajemen alumni. Penelitian inimenggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Dengan melakukan pengumpulan datamelalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukanyaitu Analisis induktif dengan penarikan kesimpulan yang berangkat dari fakta-faktayang khusus, peristiwa yang konkret, kemudian ditarik kesimpulan secara umum, yaitudengan menganalisis dan menyajikan data dalam bentuk diskriptif. Hasil penelitian iniadalah Pesantren Pembangunan Mandirancan Kabupaten Kuningan sudah melakukanpenerapan manajemen terhadap alumni dengan baik meliputi empat fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan dalam kegiatanpengelolaan Alumni, Bentuk strategi manajemen yang dilakukan oleh pesantren denganpembekalan, pelayanan dan pemanfaatan keterlibatan alumni. Dampak pelaksanaanmanajemen dan strategi manajemen di pesantren pembangunan mempengaruhiterhadap kualitas mutu pendidikan dan kuantitas pendidikan melalui pengelolaanalumni sebagai marketing di lembaga pendidikan di lingkungan pesantrenpembangunan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tsaqafatuna

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Jurnal ilmiah berkala terbuka yang dikelola oleh STIT Buntet Pesantren Cirebon. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah terseleksi dengan frekuensi penerbitan 2 kali setahun yaitu bulan Mei dan Oktober. Fokus kajian bertemakan pendidikan agama islam dari beragam aspek, baik metode dan teknik ...