Jurnal Pendidikan Guru
Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Guru

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PADA KOMPETENSI PRAKTIK SHALAT KELAS III SDN 92/IV KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Nur Asiah (Guru Pendidikan Agama Islam SDN 92/IV, Telanaipura Kota Jambi)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2020

Abstract

Salah satu elemen media pembelajaran yang dapat merangsang aktifitas belajar siswa secara mandiri dan hasil belajar siswa adalah media video. Penggunaan media video akan dapat memberikan pengalaman yang lebih dibandingkan dengan media lainnya, karena pada saat media digunakan indra dalam diri akan lebih mudah untuk merenspon dan menangkap isi dari media tersebut. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN 92/IV Kecamatan Telanaipura Kota Jambi pada kelas III yang berjumlah 25 siswa pada semester II tahun pelajaran 2018/2019 dengan 2 siklus. Berdasarkan dengan data penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan media video tutorial pada kompetensi praktik shalat fardhu dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 92/IV Kecamatan Telanaipura Kota Jambi, ini dibuktikan dari penelitian pra siklus rata-rata persentase hasil belajar siswa hanya 36% setelah itu mengalami peningkatan pada siklus 1 menjadi 48% dan meningkat lagi apada penelitian siklus 2 hingga mencapai nilai di atas KKM 70 yaitu dengan nilai persentase rata-rata 87,5%. Dengan demikian, disarankan kepada sekolah agar dapat menerapkan media pembelajaran video tutorial di sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya hasil belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurpendigu

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Guru menerima hasil karya ilmiah, studi pustaka dan hasil penelitian yang di lakukan oleh guru, dengan kajian seputar peningkatan pendidikan di Indonesia, mencakup multidisiplin keilmuan tetapi masih dalam lingkup kajian pendidikan, dengan tujuan memajukan pendidikan di Indonesia ...