cover
Contact Name
Ade Indra Saputra
Contact Email
adeayobandung@gmail.com
Phone
+6285227281672
Journal Mail Official
admin@literasikitaindonesia.com
Editorial Address
Jl. Ness, Simpang Sungai Muaro Jambi – Provinsi Jambi Indonesia
Location
Kab. muaro jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Guru
ISSN : -     EISSN : 27455432     DOI : https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v1i2
Jurnal Pendidikan Guru menerima hasil karya ilmiah, studi pustaka dan hasil penelitian yang di lakukan oleh guru, dengan kajian seputar peningkatan pendidikan di Indonesia, mencakup multidisiplin keilmuan tetapi masih dalam lingkup kajian pendidikan, dengan tujuan memajukan pendidikan di Indonesia melalui hasil karya guru yang berkualitas.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 114 Documents
VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN PENILAIAN MEMBACA SHORT FUNCTIONAL TEXT PADA SISWA SMP KELAS VIII Zulpan Zulpan; Ahmad Rusli
Jurnal Pendidikan Guru Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/jurpendigu.v1i1.66

Abstract

The objective of this study is description validity and reliability on instrument assessment of reading short functional text eight grade junior school. This research method is quantitative description, it have described validity and reliability of instrument. The research subjects were in 100 students of eight grade junior school. Data collection in this study is validation sheet to expert judgment and result of the field for students. This research data analyze is content validity by expert judgment using Aiken's V formula and reliability instrument by using Two Way Anova helping SPSS software than the results computing by Ebel formula. Research finding are: the validity of instrument 0.8 is said valid, the reliability instrument 0.731 is said reliable the reliability coefficient of instrument 0.920 can be interpreted that instrument assessment of short functional text has consistency. The instrument assessment of reading short functional text can be concluded valid and reliable.
DIMENSI MORAL DAN ETIS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH Burhanudin Burhanudin
Jurnal Pendidikan Guru Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/jurpendigu.v1i1.67

Abstract

Kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang sangat berperan dalam oranisasi, baik buruknya organisasi seringkali sebagian besar tergantung pada faktor pemimpin. Faktor pemimpin yang sangat penting adalah karakter dari orang yang menjadi pemimpin tesebut sebagaimana yang dikemukan Muhamin dkk bahwa 90 persesn dari semua kegagalan kepemimpinan adalah kegagalan pada karakter. Pemimpin harus mampu memberikan pengaruh kepada orang lain. Pada teori sifat, seorang pemimpin memiliki sifat-sifat yang unggul yang mampu membawa orang lain pada suatu kondisi tertentu. Pada teori situasional, seorang pemimpin lahir dari situasi yang ada dan kemudian memegaruhi orang lain menuju suatu perubahan sesuai dengan situasi yang ada. Sedangkan pada teori transformasional, seorang pemimpin harus mampu mentanformasi keluar dari budaya yang ada, menuju suatu budaya baru yang lebih baik.
PERANAN METODE MODELING DALAM UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJARSISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI POKOK BAHASAN MEMPRAKTIKKAN SHALAT FARDU DI SD NEGERI 126 / IV KOTA JAMBI TAHUN 2019 Muhammad Masrur
Jurnal Pendidikan Guru Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/jurpendigu.v1i1.68

Abstract

Diantara faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah penggunaan metode pembelajaran yang tepat. Dalam penelitian ini penulis mencoba menerapkan metode modeling untuk materi mempraktikkan shalat fardu. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan metode modeling sangat baik dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Setelah dilaksanakan metode modeling hasil belajar/ketuntasan belajar PAI dan BP adalah dari 56%, meningkat menjadi 96 %.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PADA KOMPETENSI PRAKTIK SHALAT KELAS III SDN 92/IV KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Nur Asiah
Jurnal Pendidikan Guru Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/jurpendigu.v1i1.69

Abstract

Salah satu elemen media pembelajaran yang dapat merangsang aktifitas belajar siswa secara mandiri dan hasil belajar siswa adalah media video. Penggunaan media video akan dapat memberikan pengalaman yang lebih dibandingkan dengan media lainnya, karena pada saat media digunakan indra dalam diri akan lebih mudah untuk merenspon dan menangkap isi dari media tersebut. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN 92/IV Kecamatan Telanaipura Kota Jambi pada kelas III yang berjumlah 25 siswa pada semester II tahun pelajaran 2018/2019 dengan 2 siklus. Berdasarkan dengan data penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan media video tutorial pada kompetensi praktik shalat fardhu dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 92/IV Kecamatan Telanaipura Kota Jambi, ini dibuktikan dari penelitian pra siklus rata-rata persentase hasil belajar siswa hanya 36% setelah itu mengalami peningkatan pada siklus 1 menjadi 48% dan meningkat lagi apada penelitian siklus 2 hingga mencapai nilai di atas KKM 70 yaitu dengan nilai persentase rata-rata 87,5%. Dengan demikian, disarankan kepada sekolah agar dapat menerapkan media pembelajaran video tutorial di sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya hasil belajar siswa.
REALISASI KINERJA PENGAWAS DALAM MEMBINA KOMPETENSI PROFESIONAL GURU Mohamad Muspawi
Jurnal Pendidikan Guru Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/jurpendigu.v1i1.70

Abstract

This study aims to study how to improve teacher performance in Public Elementary Schools in Sarolangun district, specifically in the Resort I area of Pelawan District, Sarolangun Regency. The specific target to be achieved from this study is to determine the performance of school supervisors in fostering the professional competence of Islamic Education teachers. The research method used is descriptive qualitative method, in which the researcher describes the research findings in a narrative and as-is. Data collection techniques that are used are observation, documentation, and interview techniques. To check the validity of the data, the authors conduct perseverance observation, triangulation, member check, audit trail. And to analyze the data the authors conduct data review and reduction, data unitization, data categorization, and data interpretation. The results of the study show that the performance of supervisors in fostering the professional competence of Islamic Education teachers in SD Resort I Pelawan District, Sarolangun District is: 1. Conducting meetings between Islamic Education teachers. 2. Conducting comprehensive guidance on the teacher. 3. Monitor the implementation of classroom learning. 4. Provide reinforcement of learning material to the teachers. While the inhibiting factors are: 1. There is a gap in teacher perception. 2. Lack of supporting facilities.
KAJIAN TERHADAP RAGAM METODE MEMBACA AL-QURAN DAN MENGHAFAL AL-QURAN Mutaqin Alzam Zami
Jurnal Pendidikan Guru Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/jurpendigu.v1i1.71

Abstract

Kajian dalam tulisan ini membahasa tentang tiga ragam metode membaca al-Quran dan dua ragam metode menghafal al-Quran. Tiga ragam membaca al-Quran sudah berbentuk sebuah buku, 1). Metode Qiraati, metode qirati dicetuskan oleh KH. Dachlan Salim Zarkasyi pada tahun 1963, 2). Metode A Ba Ta Tsa, metode ini merupakan Metode yang ditemukan oleh ustaz Bambang Yulianto pada tahun 1998, 3). Metode al-Insyirah, metode ini dapat ditemukan dalam buku al-Insyirah yang dari 5 jilid. Sementara dua metode mengafal al-Quran diambil dari sebuah buku dan satu lembaga. Buku yang dimaksud ialah Metode baru menghafal al-Quran, metote ini menerapkan tiga tahapan. Dan satunya ialah sebuah lembaga yang bernama Griya Tahfidzul Quran Al Husainiy. Lembaga ini menerapkan sistem hafalan cepat dengan 40 hari 30 juz.
PERSPEKTIF ISLAM TERHADAP MODERNISASI Muhammad Rifai Harahap
Jurnal Pendidikan Guru Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/jurpendigu.v1i1.74

Abstract

Agama Islam lahir pada abad ke- 6 Masehi di semenanjung Arabia. Pada awal kehadirannya, Islam mengalami hambatan kultural karena lahir di tengah masyarakat pengembara (nomaden) dan tidak berperadaban. Namun dalam perkembangan selanjutnya penyebaran agama Islam sangat menarik minat para ahli sejarah. Dalam jangka waktu yang sangat singkat, sekitar 23 tahun, Islam telah dianut oleh penduduk yang mendiami ½ wilayah dunia. Pada akhir abad ke-20 agama besar ini menjadi agama yang dipeluk oleh lebih dari 1 milyar manusia yang tersebar di seluruh dunia, terutama di Asia dan Afrika. Islam yang diakui pemeluknya sebagai agama terakhir dan penutup dirangkaikan petunjuk Tuhan untuk membimbing kehidupan manusia, mengklaim dirinya sebagai agama yang paling sempurna. Peradaban Islam dipahami sebagai akumulasi terpadu antara normanitas Islam dan historitas manusia di muka bumi yang selalu berubah-ubah. Maka setiap zaman akan selalu terjadi reinterpretasi dan reaktualisasi atas ajaran Islam yang disesuaikan dengan tingkat pemikiran manusia zaman ini. Nasib agama Islam di zaman modren ini sangat ditentukan sejauh mana kemampuan umat Islam merespon secara tepat tuntutan dan perubahan sejarah yang terjadi di era modren ini.
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KAJIAN PERKEMBANGAN PENGELOLAAN PONDOK PESANTREN DI INDONESIA Tsurayya Saman
Jurnal Pendidikan Guru Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/jurpendigu.v1i1.75

Abstract

Sejarah kebudayaan Islam di Indonesia berkembangan dengan adanya pondok-pondok pesantren yang memberikan banyak kontribusi untuk dokumentasi sejarah kebudayaan Islam di Indonesia mulai dari Sumatera sampai kepada Pulau Papua. Pondok pesantren sebagai kelembagaan Islam juga telah membuktikan dirinya sebagai lembaga pendidikan yang memiliki peranan besar dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Kedua peranan tersebut bahkan lahir bersama dengan lahirnya Pondok Pesantren itu sendiri. Artinya Pondok Pesantren tidak dapat dipisahkan sebagai lembaga keagamaan saja, atau lembaga pendidikan saja. Pondok Pesantren adalah merupakan lembaga pendidikan dan pengajaran Islam, dimana di dalamnya terjadi interaksi antara Kyai atau Ustadz sebagai guru dan para santri sebagai murid, dengan mengambil tempat di masjid atau di halaman-halaman asrama (Pondok) untuk mengkaji dan membahas buku-buku teks keagamaan, karya ulama masa lalu. Menurut Mahmud Satelit (seorang Guru Besar Hukum Islam dari Kairo) mendefinisikan Islam, ialah sebagai suatu agama yang mengandung peraturan, yang mengatur hubungan manusia dengan penciptanya, manusia dengan sesame manusia, dan manusia dengan alam lingkungannya, di wahyukan Allah Subhanahu wataala kepada Nabi Muhammad Shallallahualaihiwasallam untuk disampaikan kepada umat manusia.
KRISIS DISIPLIN AWAL KEHANCURAN DUNIA PENDIDIKAN Fahrul Razi
Jurnal Pendidikan Guru Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/jurpendigu.v1i2.160

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang harus diprioritaskan dalam kehidupan manusia. Sebab dunia tanpa pendidikan adalah dunia tanpa arti. Kehidupan manusia tidak mengacu pada pendidikan maka akan senantiasa dalam alam kebodohan. Dalam artian memisahkan manusia pada pendidikan sama artinya memisahkan manusia pada kehidupan yang sejati. Eksistensi penciptaan manusia bersama dengan kewajiban untuk berpendidikan. Kewajiban berpendidikan sama artinya kewajiban dalam beribadah. Pahala membaca sama artinya pahala beribadah, karena beribadah tanpa dasar ilmu pengetahuan akan berujung kepada kesia-siaan. Awal dari kehancuran dunia Pendidikan karena krisis disiplin. Negara barat salah satu penyebab kemajuan mereka yakni dengan menumbuhkan kesadaran untuk disiplin. Dalam hal ini perlu juga ditanya mengapa pada dasarnya manusia harus disiplin? Kedisiplinan pada dasarnya berguna bagi manusia itu sendiri. Dan bila manusia tidak displin maka akan berakibat tidak baik bagi dirinya. Misalnya disiplin lalu lintas, lampu merah yang ada dijalan raya, bukan penghambat pengemudi, namun pada dasarnya untuk memberikan keamanan bagi pengemudi itu sendiri. Coba bila lampu merah itu dilanggar, maka berakibat akan terjadinya kecelakaan. Jadi meningkatnya kedisiplinan sangatlah penting, Negara Jepang, Cina dan Amerika, dalam dunia pendidikan mereka sangat maju, dan salah satu rahasia mereka adalah disiplin. Kegiatan belajar dan mengajar (KBM) tidak akan efektif dan maksimal bila tingkat disiplin masih belum diperhatikan. Bahkan Negara Indonesia juga tidak akan pernah maju dan berkembang kalau tidak disiplin. Jangan sampai kehancuran pendidikan Negara Indonesia ini karena menganggap remeh arti disiplin. Meningkatkan kedisiplinan merupakan kunci untuk kemajuan. Dan krisis disiplin haruslah kita akhiri mulai detik ini. Bila ingin Negara kita ini dapat mengejar ketertinggalan dari Negara maju lainnya terutama dalam bidang pendidikan. Marilah kita hidupkan disiplin dalam kehidupan kita.
Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R ( Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengrtahuan Alam terpadu Siswa madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Kepahiang. Fetri Yenti
Jurnal Pendidikan Guru Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/jurpendigu.v1i2.161

Abstract

The purpase ofthis studybwas to determine the effect of the PQ4R Learning strategy (preview, Questin, Read, Reflelect, recite, Review ) on the learning outcomes of inttegrated Science in islamic education in Biology learning. This resarch is a quasi-exsperimental study using the posttest-Only Control desingn while data colelection is done using a test instrument.The sample of the study was class IXB (experimental class) totaling 26 students and class IXA (control Class) totaling 26 Students. The research data obtained the highest score in the exsperimental class was 95 and the lowest score was 45 wint an average of 72,3, while in the control class the highest score was 80 and the lowest score was 40 with an average 64,03. Based on the calculation using the test obtained thitung = 2,28 and at a significant level of 5% obtained table = 2,28 and significance lovel of 1% Table =2,28 thus So that Ha is accapted meaning that there is a significant influence on the results of integrated Science Learning of students who use the PQ4R learning strategi ( preview, question, read, Reflect, Recile, Review) in the Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Kepahiang.

Page 1 of 12 | Total Record : 114