Jurnal Sastra Aksara
Vol 7 No 2 (2019): Jurnal Sastra Aksara

REPRESENTAMEN DALAM IKLAN INDOMIE PERIODE PENAYANGAN TAHUN 2019 KAJIAN SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE

Handoko, Bagus Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2019

Abstract

Setiap iklan pasti mempunyai makna yang tersembunyi, lewat hubungan antara tanda (sign), penanda (signifier), dan petanda (signified) akan menuntun kita ke arah makna yang tersembunyi di dalam sebuah iklan. Oleh karena itu, peneliti merasa perlu untuk melakukan kajian mengenai semiotika iklan produk mi instan Indomie dari segi pemaknaan tanda, yaitu representamen. Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah bagaimana representamen, dalam iklan Indomie. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan mendeskribsikan representamen iklan Indomie. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan didukung oleh teori dan referensi semiotika Charles Sanders Pears. Sumber datanya berupa iklan Indomie. Data penelitiannya adalah keseluruhan data baik kata atau kalimat yang terdapat dalam sumber data. Penelitian ini menghasilkan makna hubungan pemaknaan tanda dalam iklan produk mie instan Indomie, yaitu (1) representamen dalam iklan Indomie.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

aksara

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Sastra Aksara memuat gagasan tentang bahasa dan ilmu bahasa, sastra dan ilmu sastra, dan pendidikan dan pengajaran bahasa dan sastra. Jurnal ini terbit setahun dua kali pada bulan Mei dan November. Redaksi mengundang ilmuan, dosen, guru, dan mahasiswa untuk menuangkan gagasan teoretis, hasil ...